INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Saat berbuka puasa, mayoritas orang akan mencari sesuatu yang manis. Apalagi, tubuh membutuhkan energi setelah berpuasa 14 jam. Selama berpuasa, waktu petang adalah waktu yang ditunggu-tunggu semua orang.

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia di bulan Ramadan membeli takjil panganan untuk berbuka puasa. Di Aceh, ada beberapa lokasi yang paling direkomendasi untuk berburu takjil menjelang buka puasa.

Lihat juga: Majalah Dinamika Sabet Silver Winner Ajang Isprima 2023

Ada beberapa lokasi yang selalu menjadi spot keramaian jelang buka puasa, para warga yang berdomisili di Kota Banda Aceh maupun Aceh Besar saban sore memenuhi daerah ini untuk membeli takjil buka puasa.

Satu di antaranya adalah di Simpang Tujuh Ulee Kareng, Banda Aceh. Lokasi ini selalu ramai saat jelang berbuka puasa, beragam jenis makanan dijual pedagang takjil, hingga minuman dingin dan manis untuk berbuka puasa.

Jelang sore, di kawasan kuliner ini selalu padat. Ini salah satu tempat rekomendasi untuk berburu takjil.

Lihat juga: Pebulutangkis muda Indonesia itu meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, Kopelma Darussalam. Kawasan pendidikan ini juga banyak yang menjual aneka macam kue untuk buka puasa. Berlokasi dekat dengan dua kampus besar di Aceh, daerah ini banyak para mahasiswa yang membeli takjil.

Selanjutnya, kawasan Lampineung. Lokasi ini terletak di sepanjang jalan Panglima Nyak Makam. Kawasan yang saban sore dipenuhi pedangan dam pembeli takjil yang berjualan di pinggir jalan. Banyak kue-kue tradisional dan modern yang dijual disini. Bahkan, minuman yang sedang kekinian juga banyak yang jual disini.

Kemudian, kawasan Peunayong. Kawasan ini sangat terkenal dengan pusat berbagai kuliner khas Aceh. di kawasan Merduati – Peunayong, di dua lokasi ini, selalu menjadi rujukan warga setempat untuk berburu takjil jelang berbuka puasa. Selain kue, disini juga dijual kelapa muda, dan lain lain.

Lokasi selanjutnya adalah disekitaran jalan Taman Makam Pahlawan, kawasan gampong Ateuk Pahlawan. Di sana penjual banyak menjajakan jualannya dipinggir jalan. Kondisi ini, membuat pengendara lebih mudah berhenti untuk membeli takjil tersebut.

Kemudian lokasi berburu takjil terakhir adalah Simpang Lueng Bata. Lokasi ini berada di kawasan padat lalu lintas. Beberapa minuman segar dijual disana, seperti air tebu, kelapa muda, sop buah, serta segala macam jenis kue basah dan kering untuk kawan berbuka puasa.

Di Banda Aceh dan Aceh Besar banyak terdapat pedagang takjil musiman yang menjajakan dagangannya. Mereka mulai berjualan sekitar pukul 16:00 WIB atau usai salat Ashar.[]