INTIMES.co.id | LANGSA – Persiraja Banda Aceh berhasil menaklukkan PSMS Medan dengan skor 2-0 dalam laga babak 12 besar Liga 2 musim 2023-2024. Pertandingan dua kesebelasan itu berlangsung di Stadion Langsa, Sabtu, 27 Januari 2024.

Kemenangan tim julukan Laskar Rencong itu diperoleh melalui duagol penalti, gol pertama lewat tendangan David Laly. Sedangkan gol kedua diciptakan oleh Ferdinand Sinaga.

Pada laga ini, tim berjuluk Ayam Kinantan itu kurang memaksimalkan sejumlah peluang. Padahal sempat menciptakan beberapa peluang pada babak pertama.

Memasuki babak pertama, kedua kesebelasan tim bermain santai dengan mencoba mendominasi pola permainan. Disisi Persiraja, Andik dan kawan-kawan masih mencari celah merobek pertahanan PSMS Medan.

15 menit berjalan waktu, Laskar Rencong memainkan pola strategimenekan dengan bola panjang dari sisi lapangan. Sesekali, Andik melepas tendangan kearah Ramadhan dilini depan. Namun, upaya tersebut masih belum membuahkan hasil karena kuatnya pertahanan Ayam Kinantan.

Berbeda dengan PSMS Medan, Joko Susilo dan kawan-kawan hanya bermain santai ketimbang menekan. Meskipun, sesekali serangan balik juga dicoba oleh anak-anak Ayam Kinantan.

Di tengah saling balas serangan itu, Ikhsan Chan melepas tendangan kuat ke arah M Fahri, namun sayang bola hanya melambung jauh ke luar gawang. Berselang beberapa menit, hal serupa juga dilakukan oleh Hutagalung, tandangannya masih belum mengarah ke arah gawang.

Begitu juga dengan anak-anak asuhan Achmad Zulkifli, melalui lini tengah Adam Maulana melakukan pressing ke arah tengah PSMS dan melewati dua pemain. Umpan diberikan ke David Laly, namun sayang, tendangan dirinya ke arah Rohim belum dianggap berbahaya.

Zulkifli harus menarik dua pemain di lini tengah, Islom dan Muammar dikeluarkan dengan memasukkan Al Muzanni dan Yasvani. Sangat jelas, masuknya Al Muzanni bagi Laskar Rencong untuk menambah daya tekananan di lini depan.

Berselang pergantian itu, Al Muzanni membuktikan kualitasnya di tengah lapangan. Tendangan kuat di lepas oleh dirinya usai mengecoh satu pemain pertahanan PSMS. Namun sayang, Rohim dapat menghalau peluang emas tersebut. Disisi lain, anak-anak asuhan Legimin hanya bermain aman dengan menahan daya serang Persiraja. Joko susilo dan kawan-kawan hanya memanfaatkan serangan balik dari sisi sayap.

Rotasi kembali dilakukan Persiraja, Andik Vermansyah ditarik keluarkan menggantikan Ferdinand Sinaga.

Wasit menunjuk titik putih karena Joko Susilo dianggap melanggar Al Muzanndi dalam kotak penalti. Eksekutor diberikan ke David Laly, tendangan kearah sisi kanan gawang mampu menciptakam gol untuk Persiraja di menit ke-73, skor 1-0 PSMS Medan.

Kebobolan itu, harus memutar otak kembali bagi Legimin, tiga pemainnya harus ditarik keluar untuk mencoba menyamakan kedudukan. Yakni Pratama, Karman dan Sihaloho dikeluarkan dengan memasukkan Syuhada, Ramadhan dan Riski Tangse.

Lagi dan lagi, kesalahan kembali dilakukan oleh anak-abak PSMS, handball dalam kotak penalti menghadiakan penalti kedua untuk Persiraja. Lemparan kuat bola pinggir Arif Setiawan ke arah Ramadhan dapat dihalang Hamdi, namun sayang setelah berhasil mematahkan umpan tersebut, bola mengarah ke tangannya.

Penalti kedua itu, langsung di ambil oleh Ferdinand Sinaga. Gol pun tercipta usai bola tersebut mengarah kembali ke sisi kanan gawang di menit ke-88, skor 2-0 PSMS.

Hingga akhir babak kedua, PSMS bermain dengan tensi tinggi setelah mengalami dua kartu kuning yakni Ramadhan dan Kim Ki-Su.

90+5 injury time, Persiraja berhasil menutup laga tersebut berkat dua gol penalti. PSMS harus mengakui kuatnya Laskar Rencong dalam laga ini.

Adi Khairi
Editor
Farizi
Reporter