INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) telah mengumumkan hasil seleksi salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk tahun 2023.

Lihat juga: Pangdam IM Sambut Kedatangan Wapres Ma’ruf Amin di Banda Aceh

Berdasarkan informasi tersebut, sebanyak 2.153 peserta SNBP tahun 2023  dari 14.187 peserta yang mendaftar berhasil lulus di Universitas Syiah Kuala. 

Rektor USK Profesor Marwan, mengucapkan selamat atas kelulusan peserta SNBP tersebut di USK. Dari 2.153 mahasiswa tersebut, 1.153 di antaranya merupakan peserta yang terdaftar sebagai penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Lihat juga: Miliki Varietas Unggul, Sabang Berpotensi jadi Agrowisata Salak dan Alpukat

Untuk itulah, khusus mahasiswa KIP tersebut, Rektor mengingatkan jika ada kendala pada saat proses pendaftaran ulang maka segera menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) USK. Agar kesempatan untuk kuliah di USK tersebut tidak terlewatkan.

Marwan menuturkan, pada tahun ini USK menyediakan kuota sebesar 25 persen untuk jalus SNBP ini dari total penerimaan mahasiswa baru.

“Alhamdulillah, kami ucapkan selamat kepada peserta yang telah memilih USK melalui jalur SNBP. Gunakan kesempatan kuliah di USK ini untuk merajut cita-cita kalian di masa depan,” kata Marwan, Rabu (29/3).
Sementara bagi peserta yang gagal lulus jalur SNBP ini, Rektor mengingatkan untuk tidak berputus asa. Sebab masih ada kesempatan masuk PTN melalui dua jalur lainnya, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri PTN.

Khusus untuk SNBT, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT ini telah dibuka sejak tanggal 23 Maret – 14 April 2023. Lalu pelaksanaan UTBK gelombang I akan dimulai pada tanggal 8 – 14 Mei 2023, dan UTBK gelombang II pada tanggal 22 – 28 Mei 2023.

“Jadi jangan patah semangat, masih ada kesempatan masuk kampus pilihan kalian melalui jalur SNBT. Untuk USK, kita sediakan 40 perse  untuk jalur ini,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor mengingatkan kepada para peserta yang telah lulus jalur SNBP untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, serta memperhatikan dengan baik tanggal dan syarat kelulusan jalur SNBP ini.

Di antaranya adalah, menyerahkan/mengirimkan dokumen akademik seperti fotokopi rapor, sertifikat prestasi dan lainnya. Semua berkas akademik ini harus dikirimkan ke USK  dan diterima paling lambat 10 April 2023 pukul 15:00 WIB.

Adapun untuk jadwal verifikasi rapor akan dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 12 April 2023. Lalu pengumuman hasil verifikasi ini akan diumumkan pada tanggal 13 April 2023 pukul 23:59 WIB di laman resmi USK yaitu www.usk.ac.id.

Informasi lengkap terkait proses seleksi SNBP ini dapat dilihat pada website resmi USK:  www.usk.ac.id serta dapat menghubungi Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor: 08116701962 atau Contact Person Panitia: 0811656886.

“Dan mohon diingat bahwa peserta yang sudah dinyatakan lulus SNBP, tidak bisa mendaftar untuk ikut jalur SNBT. Jadi jangan sampai tidak mendaftar ulang kelulusan di SNBP,” imbuhnya.[]