INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya kembali menyambut sebanyak 628 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Syiah Kuala Reguler Periode XXIV. Hal ini ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima mahasiswa KKN ini dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc kepada Wakil Bupati Pidie Jaya Dr. H. Said Mulyadi, S.E., M.Si di Kantor Bupati Pidie Jaya.

Para mahasiswa KKN tersebut akan tersebar pada 105 gampong dari 8 Kecamatan di Kabupaten Pijay. Selanjutnya, mereka akan melakukan program pengabdian masyarakat mulai tanggal 20 Juli – 20 Agustus 2023.

Mustanir dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya USK telah mengirimkan sejumlah mahasiswanya KKN di Kabupaten Pijay pada Mei 2023 lalu. Oleh karena itu, KKN kali ini bertujuan untuk melanjutkan atau menuntaskan program-program yang telah dilakukan sebelumnya.

Adapun tema KKN kali ini adalah, Melalui KKN USK, Kita Sukseskan Program Jaga Gampong: Penurunan Stunting, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pemanfaatan SIGAP dan Peningkatan SDM Gampong.

Selain itu, KKN kali ini ada penambahan komponen tema, yaitu Program Jaga Gampong, yang diprakarsai Kejaksaan Tinggi Aceh. Tujuannya adalah agar dana gampong bisa direalisasikan secara efektif dan efisien serta sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga pembangunan gampong terjadi dengan cepat dan tidak ada aparat gampong yang bermasalah dengan Hukum.

“Jadi kami sampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Pijay. Mudah-mudahan program KKN ini bisa mendorong percepatan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Pijay,” ucapnya, Kamis (20/7).

Selanjutnya, Wabup Pijay menyambut baik atas kehadiran mahasiwa KKN USK ini. Menurutnya, selama ini kehadiran mahasiswa KKN USK telah banyak memberi pengaruh positif bagi pembangunan gampong di Pijay.

Dirinya pun meyakini, pada KKN kali ini mahasiswa USK bisa kembali berperan aktif dalam mengatasi permasalahan dalam pembangunan gampong.

“Kami sangat bangga, karena pada KKN yang lalu para mahasiswa USK bisa membantu masyarakat menyukseskan ulang tahun Pidie Jaya. Dan kami harap, KKN kali ini mahasiswa bisa kembali berperan aktif mendukung masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Aceh Mukhzan, S.H., M.H mengatakan, pihaknya merasa senang bisa terlibat dalam kegiatan KKN USK kali ini. Mengingat salah satu program KKN USK kali ini sangat sejalan dengan program jaga gampong Kejaksaan Tinggi selama ini.

Menurutnya, kolaborasi seperti ini sangatlah penting dalam mewujudkan pembangunan di masyarakat. “Ini menjadi awal yang baik bagi kita untuk membangun Aceh dan Indonesia. Dan kita bisa memulainya dari Kabupaten Pidie Jaya,” ucapnya.[]

Fakhrur
Editor