INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji’un. Seorang Jemaah Haji Aceh asal Kota Lhokseumawe, Hamdani bin Muhammad Jafar (55 tahun) meninggal dunia di Arab Saudi, Minggu (25/6).

Pemilik paspor E3058827 tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 04-BTJ. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit King Abdul Aziz, Mekah, jam 10 waktu setempat.

Informasi meninggalnya Hamdani disampaikan Ketua kloter 04-BTJ, Zulkifli, kepada Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari melalui aplikasi perpesanan daring.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia salah seorang jamaah kita kloter BTJ-04 bernama Hamdani bin Muhammad Jafar jamaah di RS King Abdul Aziz Mekah jam 10 WAS,” kata Zulkifli.

Dalam sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah, almarhum diduga mengalami gagal jantung (congestive heart failure) karena mengidap penyakit gula dan tekanan darah tinggi. Ia sudah dirujuk ke RS King Abdul Aziz sejak Rabu, 21 Juni 2021.

Zulkifli juga mengatakan bahwa petugas kloter 04-BTJ bersama pihak maktab sudah melakukan proses pengurusan jenazah dan fardu kifayah.

“Sudah disalatkan di masjidilharam setelah asar dan dimakamkan di Syaraya,” kata Zulkfili.

Sementara itu, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan bahwa jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah menjadi 6 orang.

Sebelumnya, Muhammad Yusuf Dadeh (70 tahun) dari Kota Lhokseumawe yang tergabung dalam kloter 04-BTJ, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Madinah Almunawarah, Madinah, Minggu (4 Juni 2023).

Lalu, Marzuki bin Husen Hanafiah (70 tahun) dari kloter 06-BTJ asal Kabupaten Bireuen, meninggal dunia di KKHI Mekah, Rabu (7 Juni 2023) dan pada Jumat (9 Juni 2023), Razali bin Ibrahim Pekan (61 tahun) dari kloter 08-BTJ asal Aceh Utara juga meninggal dunia di Mekah.

Kemudian pada Minggu, 18 Juni 2023, Abdullah Ali (66 tahun) dari kloter 11-BTJ yang berasal dari Banda Aceh meninggal dunia RS King Abdul Aziz, Mekah dan pada Sabtu, 24 Juni 2023, Abdullah Meglih (82 tahun) dari kloter 03-BTJ asal Aceh Barat juga wafat di Rumah Sakit Heera, Mekah.[]

Fakhrur
Editor