INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Seorang Jemaah Haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-08, Saifuddin Ben Buket (63 tahun) meninggal dunia di Arab Saudi, Kamis, 27 Juli 2023, jam 02.30 waktu setempat.

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari mengatakan bahwa Saifuddin adalah jemaah dari Krueng Geukueh, Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit General Hospital Madinah AlMunawwarah, Madinah.

Menurut sertifikat kematian (CoD) yang dilkeluarkan Kantor Kesehatan Haji (KKHI) Madinah, Saifuddin didiagnosa mengidap infeksi radang paru-paru (pneumonia) yang diakibatkan diabetea mellitus tipe 2. Ia juga memiliki infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri (selulitis).

Saifuddin seharusnya berangkat pulang ke tanah air pada 11 Juli 2023 lalu, namun ditunda karena alasan kesehatan dan dirawat di RS King Abdullah, Jeddah. Pada 25 Juli 2023, ia kemudian dirawat di RS General Hospital Al-Munawwarah, Madinah sampai kemudian wafat di rumah sakit.

Azhari juga mengatakan pihak maktab sudah melakukan proses fardu kifayah dan pengurusan jenazah.

“Alamarhum sudah dimakamkan di Baqi. Kita doakan semoga almarhum diampuni segala dosanya dan ditempatkan di sisi Allah swt,” ujar Azhari.

Selain itu, Azhari mengatakan bahwa jemaah haji Aceh yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah menjadi 13 orang.

Sebelum Saifuddin, 1 jemaah kloter 3, 3 jemaah kloter 4, 2 jemaah kloter 6, 2 jemaah kloter 8, 1 jemaah kloter 10, 2 jemaah kloter 11 dan 1 jemaah kloter 12 sudah wafat di Arab Saudi.[]

Fakhrur
Editor