INTIMES.co.id | ACEH BESAR – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM melantik Anggota Badan/ komisioner Baitul Mal  Aceh Besar periode 2023-2028 di Meuligoe Bupati Aceh Besar, Jumat  (24/2/2023) sore.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar berharap agar Anggota Badan/komisioner Baitul Mal Aceh Besar terus meningkatkan sikap profesional dan amanah.

Lihat Juga: Ditreskrimsus Polda Aceh Tangkap Terduga Pelaku Penimbunan 1,5 Ton Solar Subsidi

 Disdik Aceh Sumbang 1 Miliar Lebih untuk Korban Gempa Turki

Selain itu, juga harus kreatif dan inovatif, sehingga pengumpulan zakat dan infak bisa lebih maksimal demi kepentingan umat.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekdakab Drs Sulaimi MSi, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekdakab, Kepala OPD, Dewan Pengawas Baitul Mal, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Besar Heru Saputra, dan pejabat terkait lainnya.

Adapun Anggota Badan/ komisioner  Baitul Mal Aceh Besar yang dilantik  masing-masing H Azwir Anwar, Nurhadi Wiraatmaja, Fazzan, Indah Prihatin dan Ilham Hidayatullah.

Dalam kesempatan itu, Iswanto  yang juga mantan kepala Sekretariat Baitul Mal Provinsi Aceh ini optimis jika Anggota Badan/ Komisioner Baitul Mal Aceh Besar periode 2023-2028 ini merupakan orang-orang terbaik untuk memajukan Baitul Mal Aceh Besar.

Untuk itu mereka diminta terus menjaga kredibilitas Baitul Mal yang selama ini telah menjadi kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah.

“Alhamdulillah, ZIS dan Wakaf merupakan ibadah amaliyah yang tidak hanya memiliki aspek vertikal kepada Allah SWT, tapi juga aspek horizontal yang dapat dirasakan manfaatnya oleh para mustahik atau fakir miskin,” ungkapnya.

Lihat Juga: Abuya Mawardi Waly Ajak Masyarakat Aceh Berjuang Menjaga Islam

Lagi, Aceh Terima 6.000 Ton Beras Impor Thailand, Beras Medium Bulog Dijual di Pasar Tradisional

Ia mengatakan, kinerja Baitul Mal Aceh Besar selama ini sangat baik dan tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai elemen di lingkungan Pemkab Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar menyatakan, pihaknya telah mengeluarkan imbauan kepada pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMD, Rektor PT/PTS, Direktur RSUD/RSU swasta, pimpinan perusahaan, dan pelaku usaha dalam wilayah Aceh Besar agar dapat menyalurkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Aceh Besar.

Dalam rangka bersinergi dan mendukung program Pemkab Aceh Besar untuk pengelolaan Ziswaf secara profesional melalui Baitul Mal Aceh Besar. Dengan demikian, capaian Baitul Mal Aceh Besar ke depan akan lebih meningkat.

Pj Bupati Muhammad Iswanto meminta Anggota Badan Baitul Mal Aceh Besar yang dilantik itu untuk menyusun program kerja terbaik, menghindari persaingan antarpengurus, mengedepankan transparansi, dan selalu fokus untuk mengemban amanah umat.

“Tugas dan tanggung jawab ini sangat besar. Namun bekerjalah secara baik agar Baitul Mal Aceh Besar lebih terdepan dan maju di Provinsi Aceh,” pinta Muhammad Iswanto.

Peran dan Fungsi Baitul Mal, lanjut Iswanto, sangat penting, tidak hanya berperan dalam menghimpun zakat, infaq dan sadaqah saja, tetapi juga berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan harta yang telah terkumpul kepada pihak yang berhak menerimanya guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Perekrutan Anggota Badan atau komisioner  Baitul Mal ini sesuai dengan amanah Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Baitul Mal. Sebelumnya, para Anggota Badan/ komisioner Baitul Mal ini juga telah mengikuti uji kepatutan dan wawancara di DPRK Aceh Besar.[]