Biografi Singkat Karl Heinrich Marx

Karl Marx mempunyai nama asli yaitu Karx Heinrich Marx yang lahir di Trier tepatnya di Prussia sekarang Jerman pada tanggal 5 mei 1818. Marx dikenal sebagai filosof dan ahli ekonomi Jerman. Marx memiliki ibu yang berasal dari keluarga rabbi Yahudi dan ayahnya yang berprofesi sebagai pengacara.

Namun , ketika saat politik disana tidak menguntungkan para pengacara yahudi, akhirnya keluarganya pindah agama menjadi pemeluk Protestan.

Pada tahun 1841, Marx meraih gelar doktor filsafat dari Universitas Berlin dengan disertasinya yang berjudul “The Difference The Natural Philosophy of Democritus and Epicurus”.

Marx tumbuh besar dalam suasana politik yang dimana kekuatan politik ini dikuasai oleh para kapitalis yang menentang kekuasaan aristokrasi feodal dan membawa perubahan hubungan sosial.

Setelah Marx mendapatkan gelar doktor, ia pindah ke daerah yang bernama Koln, dan disana ia bekerja sebagai pemimpin redaksi harian Die Rheinische Zitung, yaitu sebuah koran liberal-progresif. Saat ia bekerja disana, ia mendapatkan tekanan dan kesulitan yang dilakukan oleh pemerintah Prussia sehingga pada tahun 1843 ia berhenti bekerja.

Setelah itu, ia menikah dengan perempuan yang bernama Jenny Von Westphalen, Jenny sendiri berasal dari keluarga bangsawan yang terkenal, kemudian setelah menikah Marx dan Jenny pindah ke Paris.

Saat di Paris, Marx bertemu dengan Friedrich Engels yang akhirnya menjadi sahabatnya dan Marx menerjemahkan teori-teori Engels. Ketika Marx tinggal di Paris, ia pun berkenalan dengan beberapa tokoh yang sekarang mungkin kita kenal seperti Saint Simon dan Proudhon. Ketika ia berkenalan dan berdiskusi dengan mereka, mungkin Marx terpengaruh oleh pemikiran dari St Simon dan Proudhon sehingga merubah pola pikir yang awalnya radikal menjadi sosialis. Marx dan Engels pun terlibat dalam berbagai kegiatan kaum sosialis sehingga mereka menghasilkan karya yaitu Manifesto Komunis yang terbit bulan Januari tahun 1848.