Intimes.co.id | BANDA ACEH – Permasalahan UMKM intinya tidak hanya sebatas pada pengolahan produk yang aman dan sehat, serta peningkatan manajemen usaha yang professional, namun ada hal yang paling penting ketika produk harus dilepas dipasar dan langsung dapat diperkenalkan kepada konsumen.

Maka untuk itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan langsung memberikan kesan terbaik agar konsumen dapat kembali memesan produk yang di inginkan dari pelaku UMKM.

Salah satu bentuk atau metode pemasaran yang tepat yaitu melalui pergelaran UMKM Expo Aceh yang digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh Tahun 2023 di Taman Seni dan Budaya Aceh pada tanggal 6 hingga 8 Maret 2023.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Azhari, mengatakan kehadiran Expo UMKM 2023 tersebut sebagai wujud dari dorongan Pemerintah Aceh dalam meningkatkan kreativitas pelaku usaha untuk kemajuan ekonomi Aceh.

“Expo UMKM Aceh 2023 adalah sebuah kegiatan yang di inisiasi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh yang tujuannya untuk memperkuat model pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dijalankan dan juga wujud dari apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Aceh,” kata Azhari, Senin (6/3).

Ia menjelaskan, tujuan spesifik dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya.

Pihaknya juga memberikan fasilitasi solusi permasalahan usaha, membuka peluang fasilitasi kemitraan, promosi produk, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalankan usahanya dengan adanya penghargaan.

Expo UMKM ini akan diiringi dengan menghadirkan puluhan bazar UMKM dari sektor kriya, kuliner, fashion, 40 stand akan mengisi kegiatan itu dan beragam sektor lainnya.

“Selain itu, kegiatan tersebut turut disemarakkan dengan penampilan musik dan seni,” ucapnya.

Azhari, mengatakan sesuai dengan arahan dalam mendorong peningkatan ekonomi di Aceh, maka pihaknya secara terus-menerus menyelenggarakan kegiatan UMKM termasuk untuk kemajauan ekonomi Aceh.

“UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam memajukan ekonomi Aceh, maka dari itu Pemerintah Aceh melalui dinas yang dipimpinnya akan terus mendukung dan memfasilitiasi pertumbuhan pelaku usaha di Aceh,” kata Azhari.[]