INTIMES.co.id | MEDAN – Yayasan Pendidikan Islam Haji Masri Darul Ilmi Murni bersama Dompet Dhuafa Waspada mengundang Aqeelah (Juara Hafiz Indonesia 2021) hadir ke sekolah untuk memberi motivasi menghafal alquran, Rabu (2/8).

Aqeelah yang saat ini tengah menjalani roadshow ke beberapa sekolah di kota Medan hadir bersama M. Suherman Fadli (ayah Aqeelah) yang juga ikut berbagi pengalaman dari sisi orang tua yang mendidik anak penghafal alquran.

Kegiatan yang digelar di Masjid YPIHM Darul Ilmi Murni, dimulai dengan melihat perjalanan Aqeelah saat mengikuti kompetisi Hafiz Indonesia RCTI.

Aqeelah yang saat itu masih berumur kurang lebih 11 tahun berhasil menjawab seluruh pertanyaan dewan juri tentang bacaan ayat alquran dengan cepat dan benar.

Dalam sesi berbagi pengalamannya, Ayah Aqeelah yang akrab disapa abuya ini mengatakan bahwa Aqeela belajar menghafal alquran bukan sejak usia dini.

“Aqeelah sendiri memang dulu kami sebagai orang tua mengenali bagaimana kecerdasan otaknya, tidak muluk-muluk langsung dijadikan penghafal alquran sejak kecil,” ucap Abuya.

Dari pengalamannya itu Abuya menyampaikan bahwa sebenarnya siapa saja bisa menghafal alquran.
“Kuncinya kita kenali dulu kemampuan otak kita sehingga mudah metode menghafalnya. Itu juga yang saya terapkan kepada anak-anak saya yang masing-masing beda tahapan usia menghafalnya,” terangnya.

Selain berbagi pengalaman, Abuya bersama Aqeelah juga menyinggung kaitan matematika dengan alquran. “Bahwa sebenarnya antara matematika itu punya kaitan erat dengan alquran. Mereka yang menghafal alquran bisa memiliki kemampuan matematika yang baik juga,” ucapnya.

Ucapan Abuya itu pun dibuktikan dengan tantangan soal yang diberi para audiens untuk Aqeelah menjawab perhitungan matematika secara cepat.

Konsultan YPIHM Darul Ilmi Murni H. Deddy Sasmita yang juga hadir pada acara tersebut sangat mengapresiasi kedatangan Aqeelah, terlebih ketika melihat para siswa yang juga antusias mengikuti jalannya acara.

“Bagus sekali ya acara semacam ini. Anak-anak bisa termotivasi bagaimana untuk menghafal alquran juga seperti adik Aqeelah,” ungkapnya.

Deddy pun sangat menginginkan kegiatan semacam ini bisa dilakukan kembali untuk bisa menularkan semangat kepada siswa.

“Kedepan acara seperti ini akan kita lakukan kembali. Saya sangat menikmati bagaimana Aqeelah melantunkan ayat suci alquran yang tentunya meberikan motivasi kepada anak-anak dan juga saya,” ungkapnya.

Sukses berjalannya acara ini pun tidak terlepas dari dukungan penuh Ketua Umum Yayasan Pendidikan Islam Haji Masri Darul Ilmi Murni DR. H. Dedi Masri, Lc., M. A. Ia menuturkan ucapan terima kasih atas berlangsungnya acara.

“Ucapan terima kasih kepada mitra Dompet Dhuafa Waspada. Semoga kita bisa kerjasama kembali. Terima kasih untuk semua bantuan. Semoga Allah memberkahi,” tuturnya.

Senada dengan yang disampaikan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman yang juga turut mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas kerjasama ini, senang sekali bisa bekerjasama. Semoga silaturahim antar kita dapat terus terjalin dengan baik,” tutupnya.[]

Fakhrur
Editor