INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyambut baik ramainya wisatawan yang melancong ke Tanah Rencong.

Lihat juga: Gempa M 7.3 Guncang Mentawai Sumbar, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Anggota Komisi I DPRA, Tgk H Irawan Abdullah, menyebutkan bahwa membeludaknya wisatawan ke Aceh dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Tentu hal ini akan membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi masyarakat khususnya di tempat wisata,” ungkap Irawan Abdullah di Banda Aceh, Selasa (25/4).

Lihat juga: Safaruddin Serahkan Bantuan untuk Warga Babahrot Korban Kebakaran Rumah

Irawan menyampaikan, banyaknya wisatawan melancong ke Banda Aceh, Aceh Besar Sabang hingga daerah lain, membuktikan bahwa potensi wisata di Aceh sangat indah.

“Bahkan di Kota Sabang luar biasa ramainya pengujung yang datang ke Sabang. Sehingga trip kapal penyeberangan harus ditambah menjadi dua bahkan mencapai enam kali trip,” jelasnya.

Ia menyebutkan, selain daripada liburan pada momen lebaran Idul Fitri kali ini juga masyarakat dapat menjalin silaturahim antara sesame warga sambal menikmati wisata.

Ia juga mengatakan, pengelola tempat wisata dan pemerintah agar memastikan keamanan untuk tempat-tempat wisata yang dikunjungi masyarakat.

Sehingga masyarakat yang berkeinginan berkunjung ke tempat wisata tersedia jalan yang mudah aksesnya, nyaman, dan terhindar dari kecelakaan.

“Selain itu pengunjung juga harus memastikan sendiri karena ini sangat ramai di jalan,” ucap mantan Ketua Komisi VI DPRA ini.

Disisi lain, kata dia, pemilik tempat wisata juga harus memastikan tersedianya tempat yang kondusif untuk berteduh, akses air bersih, toilet hingga tempat ibadah yang nyaman.

“Tersedianya tempat ibadah untuk salat dan lain sebagainya dengan bersih dan rapi, karena hal ini akan membawa dampak positif terhadap kunjungan berikutnya,” katanya.[]