Jakarta – WhatsApp akhirnya mulai merilis fitur baru yang sudah lama dinanti banyak pengguna yaitu opsi untuk menggunakan dua akun WhatsApp di satu ponsel.

Dalam pengumumannya di Facebook, CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan fitur baru ini akan segera digulirkan untuk semua pengguna WhatsApp di Android dalam waktu dekat.

Fitur baru ini tentu akan sangat membantu pengguna yang memiliki dua akun WhtasApp, misalnya satu akun pribadi dan satu akun lain untuk urusan kerja. Sebelumnya pengguna yang memiliki dua akun WhatsApp harus menggunakan dua ponsel karena satu ponsel hanya bisa digunakan untuk mengakses satu akun.

Alternatif lainnya, vendor ponsel seperti Xiaomi dan Oppo memiliki fitur seperti aplikasi kloning yang bisa menghadirkan dua aplikasi WhatsApp di satu HP yang dimanfaatkan pengguna untuk mengakses dua akun WhatsApp di satu perangkat.

Kini pengguna WhatsApp tidak perlu lagi membawa dua ponsel atau repot-repot mengatur aplikasi kedua hanya untuk mengakses dua akun WhatsApp sekaligus.

“Sangat membantu untuk berpindah antara akun — seperti akun kerja dan pribadi — kini kalian tidak perlu log out setiap saat, membawa dua ponsel, atau khawatir mengirimkan pesan dari tempat yang salah,” kata WhatsApp dalam postingan blognya, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (20/10/2023).

WhatsApp mengatakan pengguna yang ingin menambahkan akun kedua harus memiliki nomor telepon dan kartu SIM kedua, atau ponsel yang mendukung multi-SIM atau eSIM. Ponsel atau kartu SIM kedua ini dibutuhkan untuk menerima kode OTP via SMS.

Setelah proses verifikasi awal, aplikasi WhatsApp sudah bisa digunakan untuk mengakses dua akun sekaligus tanpa perangkat atau SIM kedua, kata juru bicara WhatsApp Ellie Heatrick.

Cara menambahkan akun kedua di aplikasi WhatsApp:

Pastikan aplikasi WhatsApp sudah diperbarui ke versi terbaru
Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih Setelan
Ketuk ikon panah yang mengarah ke bawah di samping nama kalian
Ketuk tombol ‘Tambah akun’ lalu ikuti instruksi di layar untuk mengatur akun WhatsApp kedua

WhatsApp mengatakan pengguna bisa menyetel pengaturan privasi dan notifikasi untuk masing-masing akun, jadi pengguna bisa memilih untuk menerima notifikasi di salah satu akun saja.

Dalam pengumumannya, WhatsApp hanya mengatakan fitur baru ini akan digulirkan untuk Android. Belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia di WhatsApp untuk iOS

Sumber : Detik.com