INTIMES.co.id | Mataram – Viral potongan video di media sosial seorang gadis remaja tawaf mengelilingi Kakbah di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi menggunakan seragam sekolah. Dari badge atau emblem seragam nampak jelas nama SMPN 4 Kota Mataram.
Selain video, ada beberapa foto dengan pose di depan Kakbah dan sekitarnya. Selain seragam sekolah, yang menarik perhatian adalah caption ‘bolos ke Mekkah.’

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Yusuf membenarkan remaja dalam video viral itu merupakan siswi SMPN 4 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Siswi tersebut bernama Syifa (14) yang berasal dari Kota Mataram.

Saat ini Syifa duduk duduk di bangku kelas VII. Menurut Yusuf, Syifa memang pergi umrah bersama orang tuanya pada pertengahan Februari. Namun, dia membantah Syifa bolos karena keberangkatannya sudah sepengetahuan sekolah.

Yusuf mengatakan Syifa diajak umrah sebagai hadiah atas prestasinya menyabet dua medali pada kejuraan pencak silat tingkat kabupaten dan provinsi di Mataram.

“Syifa diajak umrah oleh bapaknya setelah berhasil meraih medali emas dan perak pada ajang silat tingkat kabupaten dan provinsi,” Yusuf, Sabtu (25/2/2023) via WhatsApp.

Yusuf juga menjelaskan Syifa merupakan cucu salah seorang pengawas sekolah di dinas pendidikan.

“Dia juga cucu Pak Joko Suroso pengawas di dinas pendidikan. Jadi siswi ini sudah izin umrah setelah juara silat dapat medali emas dan perak tingkat kota dan provinsi,” katanya.

Sumber : Detiknews.com