INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala mengajak sejumlah peserta The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival yang ke 22 untuk mengenal lebih dekat budaya Aceh. Untuk itu, peserta yang berasal dari tiga negara ini yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand dibawa ke lokasi Desa Wisata Lubok Sukon, Aceh Besar, Senin (10/7).

Di tempat tersebut, para peserta IMT-GT ini mengelilingi kawasan Desa Wisata tersebut. Selanjutnya, mereka berkumpul pada salah satu Rumoh Aceh yaitu rumah milik The’mat Rahmany, yang merupakan Duta Luar Negeri Republik Indonesia di masa lampau.
Selanjutnya,  di rumah ini masyarakat Lubok Sukon sudah siap dan memperagakan berbagai ragam kuliner Aceh. Seperti kuah beulangong, sie reboh, dan anek kue khas Aceh lainnya.
Terlihat para peserta begitu tertarik untuk mengenal, mencari tahu bahkan mempraktikkan cara membuat ragam kuliner Aceh tersebut. Koordinator Kegiatan ini Dr. Nasrullah, ST, MT menjelaskan, para peserta IMT-GT ini telah terbagi berdasarkan kampusnya masing-masing. Di mana dalam kegiatan ini, mereka diminta untuk membuat laporan terkait beragam kearifan lokal atau budaya Aceh yang mereka temukan di tempat ini. Laporan tersebut disajikan dalam  bentuk tulisan serta dokumentasi digital untuk dipublikasikan di media sosial.
“Laporan ini juga diperlombakan. Jadi mereka diminta untuk melakukan semacam liputan terkait apa saja yang ada di tempat ini,” ucapnya.
President of IMT-GT Varsity Council Prof. Dr. Ahmad Martadha Mohamed juga turut hadir dalam kegiatan ini. Dirinya juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat, serta berkesempatan untuk mencicipi sajian kuliner khas Aceh yaitu kuah beulangong, bersama peserta IMT-GT lainnya.
Untuk diketahui, pada tahun ini USK telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah IMT-GT Varsity Carnival mulai tanggal 8 – 12 Juli 2023. Adapun kegiatan ini dihadiri 613 peserta IMT-GT yang berasal dari 12 kampus yang tergabung dalam forum IMT-GT.
Selama berada di USK, seluruh peserta IMT-GT ini akan mengikuti beberapa pertandingan olahraga yaitu bola voli, sepak bola, bulu tangkis, tenis, petanque, serta fun run.
Selain itu, para peserta ini akan menampilkan khazanah budayanya masing-masing, serta mengikuti seminar internasional untuk membahas berbagai isu global saat ini.[]
Fakhrur
Editor