INTIMES.co.id Terletak di jalur lintas utara Aceh, tepatnya di Kota Lhokseumawe yang dikenal sebagai surga pemain sepakbola berbakat di Tanoh Rincong.

Bahkan, salah satu Gampong (Desa) di Lhokseumawe bernama Ulee Jalan dijuluki sebagai ‘Brazilnya Kota Lhokseumawe”, alasannya cukup, dari sana banyak lahir talenta berbakat sepakbola di Serambi Mekkah.

Sebut saja Yasvani exs PON Aceh yang kini berseragam PSDS Deli Serdang, Muzzani yang membela Persiraja Banda Aceh, ditambah para pemain muda yang sedang bersinar di PSLS Lhokseumawe semisal Harwalis, Ismail, Faisal Jafar serta masih banyak lagi pemain muda lainnya yang kini sedang tumbuh di Gampong Ulee Jalan.

Sayangnya, fragmen macam ini tidak didukung dengan kondisi alam. Gampong di Kecamatan Banda Sakti tersebut bahkan tak memiliki lapangan bola. Mereka hanya memiliki pantai yang indah nan eksotik.

Namun itu semua tak membuat mereka berputus asa untuk merajut impian menjadi pesepakbola profesional, setiap sore anak-anak di Ulee Jalan tetap bermain bola di sepanjang pinggiran pantai di kampung mereka atau bermain di lapangan tetangga kampung.

Pemandangan itu terlihat saban sore layaknya melihat anak-anak Brazil yang sedang latihan di pantai Copacabana Rio de Janeiro. Pantai nan luas itu di buat sedemikian rupa hingga menjadikan sebuah lapangan latihan.

Namun ada sebagian dari mereka yang menjajal lapangan di kampung tetangga, tapi mereka harus datang lebih awal usai pulang sekolah, demi mendapatkan kesempatan memakai lapangan.

Sepakbola sebenarnya tidak hanya melekat pada Gampong Ulee Jalan saja, melainkan pada Kota Lhokseumawe secara keseluruhan. Mayoritas masyarakatnya disana mencintai sepakbola, baik dari hobi sampai budaya.

Penulis : Bung AY