INTIMES.co.id | JAKARTA – Dosen STKIP Al-Washliyah Banda Aceh mengikuti Pelatihan Membangun Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Perguruan Tinggi (PT) Al Washliyah yang dilaksanakan oleh Majelis Pendidikan Pengurus Besar Al Washliyah

Kegiatan yang dibuka secara resmi Ketua Umum Pengurus Besar Al Jam’yatul Washliyah, Masyhuril Khamis, berlangsung di Hotel Balairung Matraman, Jakarta, 11-13 Maret 2023.

Lihat juga: Pertama di Aceh Tengah, Paya Tumpi 1 Komimen Kembangkan Literasi Investasi Digital dari Desa

Perwakilan dari STKIP Al-Washliyah Banda Aceh Syahrul Ridha, mengatakan melalui pelatihan kompetensi dan profesionalisme dosen diharapkan para dosen Al Washliyah rajin menulis dan meneliti.

Dimana hasil tulisan tersebut bisa dipublikasikan ke jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Hal ini sesuai yang disampaikan Ketum PB Al-Washliyah Kiyai Masyhuril Khamis saat membuka acara.

Menurutnya, banyak karya tulis yang dihasilkan para dosen di Al-Washliyah, namun belum dipublikasikan. Melalui kegiatan ini nantinya bisa diupdate dan dipublikasikan.

“Banyak tulisan dari dosen kita yang belum di update dan belum dipublikasikan,” ucap Syahrul Ridha.

Lihat juga: Ragam Atraksi Budaya Siap Pukau Pengunjung SMF 2023

Selain itu, kata dia, melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan karya tulis para dosen bisa dipublikasikan di jurnal-jurnal yang bereputasi.

“Kegiatan ini harus ada target, misalnya harus ada yang dipublikasikan karya dari masing-masing kampus,” kata Syahrul.

Bahkan, Syahrul juga menjanjikan hadiah bagi dosen kampus Al-Washliyah yang paling banyak mempublikasikan karyanya.

Syahrul juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia pelaksana kegiatan pelatihan kompetensi dan profesionalisme dosen.

Lihat juga: Bakri Siddiq Pastikan Kestabilan Harga dan Stok Sembako Lewat Pasar Murah Keliling

Ia berharap, kegiatan ini tetap berlanjut demi kemajuan kampus perguruan tinggi Al-Washliyah khususnya di bidang publikasi karya ilmiah tingkat Nasional maupun Internasional.

“Semoga dengan berjalannya kegiatan- kegiatan rutin yang dilakukan MP. PB dapat menjalin hubungan silaturahmi yang lebih erat dan membangun kerjasama demi meningkatkan kualitas mutu Pendidikan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pendidikan PB Al-Washliyah H. Ridwan Tanjung, menyebutkan bahwa kegiatan pelatihan dilakukan agar budaya menulis ilmiah dosen-dosen Al Washliyah mulai membudaya.

Menurutnya, dari data yang ada, perguruan tinggi yang dimiliki Al-Washliyah masih tertinggal dari kampus lain terkait publikasi jurnal ilmiah. Hal ini pula kemudian yang menjadi tantangan bagi para dosen Al Washliyah untuk rajin menulis ilmiah.

Di sisi lain, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan M. Razvi Lubis, menyampaikan bahwa kegiatan ini hanya sebagai pemicu saja. Setelah kegiatan ini diharapkan dosen-dosen Al Washliyah melanjutkan ilmu yang didapat dari kegiatan ini di kampus masing-masing.

Menurut dia, acara Pelatihan Membangun Kompetensi dan Profesionalisme Dosen Perguruan Tinggi Al-Washliyah Angkatan Pertama ini diikuti dua puluh empat peserta dari tujuh perguruan tinggi Al-Washliyah.

“Ada tujuh perguruan tinggi yang mengirimkan peserta yaitu Univa Medan, Univa Labuhanbatu, UMN Al Washliyah, STIE Sibolga/Tapteng, STIT Al Washliyah Binjai, STIT Al Washliyah Aceh Tengah dan STKIP Al Washliyah Banda Aceh,” pungkasnya.[]