INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerjasama dengan PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) bertempat di kompleks pabrik Semen Andalas Lhoknga, Aceh Besar, Senin (28/8).

Penandatanganan dilakukan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg bersama General Manager PT Solusi Bangun Andalas, Mochamad Anwar Bakti. Turut disaksikan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Prof Dr Saifullah MAg, Karo AUPK Dr H Iqbal MAg, Karo AAKK Mirwan Fasta SAg M.Si, Dekan FST UIN Ar-Raniry Banda Aceh Muhammad Dirhamsyah.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman mengatakan bahwa kerjasama ini penting untuk saling memberi dukungan antara perguruan tinggi dengan dunia industri guna bersinergi untuk memberi dampak positif bagi pembangunan ekonomi dan sumberdaya manusia di Aceh.

UIN Ar-Raniry Banda Aceh, kata Prof Mujib terus berkomitmen untuk memberikan beasiswa dan membantu mahasiswa dari keluarga miskin. Menurutnya, saat ini sekitar 60 persen mahasiswa yang kuliah di UIN Ar-Raniry berasal dari masyarakat ekonomi lemah.

“UIN Ar-Raniry berkomitmen untuk membantu mereka, salah satunya melalui Islamic Trust Fund (ITF) yang dibentuk di UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Melalui kesepakatan kerjasama ini, diharapkannya UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) dapat bersinergi untuk misi ini. “Hal hal teknis kemudian dapat dibicarakan lebih lanjut antara tim perusahaan ini dengan fakultas terkait di UIN seperti Saintek, FEBI, Psikologi dan lainnya,” jelasnya.

Sementara, General Manager PT Solusi Bangun Andalas, Mochamad Anwar Bakti, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa pabrik Semen Andalas ini termasuk satu satunya industri besar di kawasan Aceh Besar. Karena itu banyak perhatian stakeholder termasuk sebagai tempat bagi dunia pendidikan tinggi melakukan praktek atau magang.

“Selama ini setiap tahun kami hanya mampu melayani sekira 300 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Aceh untuk melakukan praktek magang di pabrik ini. Itupun masih terbatas untuk bidang bidang tertentu,” ungkapnya.

Anwar menyambut baik kerjasama ini. Diharapkannya hendaknya kerjasama ini dengan impact yang dapat dishare kepada stakeholders hendaknya menjadi pemicu masuknya lebih banyak investor untuk meningkatkan pembangunan ekonomi Aceh.

Bagi Anwar perlu dibangun lebih baik keakraban perguruan tinggi dengan industri seperti riset-riset terapan yang langsung dapat diimplementasi oleh industri. “Keberadaan ustaz Saifuddin A. Rasyid sebagai mantan Manajer CSR perusahaan ini, kami yakin akan lebih menguatkan kerjasama ini,” ujarnya.

Dalam bidang pengembangan masyarakat, program CSR, juga menjadi satu peluang untuk saling menguatkan. Program- program pengembangan ekonomi kalau dapat disinergikan agar membawa lebih banyak manfaat untuk masyarakat tetu lebih baik.

Haji Tafaul Rijal, GA dan Comrel Manager PT SBA, menambahkan bahwa hubungan PT SBA dengan UIN Ar-Raniry sebenarnya sudah berjalan sejak lama. Terutama dengan tim FEBI dan Fakultas Saintek. “Jadi penandatanganan PKS ini hanya sebagai payung hukum yang akan menguatkan dan mengembangkan lebih luas kerjasama yang telah terjalin,” ujar dia.[]

Fakhrur
Editor