INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKep USK), Ns. Nani Safuni, resmi merilis buku berjudul “Makan Enak Meskipun Diabetes: Menu Sehat Harian Bagi Para Diabetesi”. Karya tersebut diterbitkan oleh Deepublishing.

Lihat juga: ASN di Aceh Masih Gunakan LPG Subsidi, Hiswana Migas Imbau Trade In Tabung

Buku ini mengulas tentang pengolahan makanan yang ramah bagi orang yang didiagnosa diabetes mellitus atau disebut dengan istilah diabetesi.

Lihat juga: Siswa Tak Hafal 1 Juz Al Quran di Padang Terancam Tinggal Kelas

Selain itu, buku ini juga berisikan total 65 resep, mulai dari 11 resep menu utama,27 resep lauk dan sayur, 22 resep cemilan dan 5 resep minuman dengan menggunakan bahan lokal, nasional dan western. Pada setiap menu ditampilkan evidence based practice dan manfaat bahan utama dalam menu tersebut.

“Buku ini hadir sebagai rekomendasi pemilihan makanan bagi keluarga yang hidup dengan diabetesi. Tak bisa kita pungkiri, prevalensi diabetes mellitus yang kecenderungan semakin meningkat angkanya setiap tahun baik di Indonesia maupun di dunia,” katanya, Senin (2/3).

Ia menyebutkan, bahwa fenomena lain adalah para diabetesi mengalami kesulitan untuk menemukan makanan rendah glukosa yang aman dikonsumsi sehari-hari, seperti toko-toko roti dan swalayan.

Karena itu, buku “Makan Enak Meskipun Diabetes: Menu Sehat Harian Bagi Para Diabetesi” dinilai sangat layak untuk dimiliki oleh siapa saja, yang ingin hidup lebih sehat.

Terutama bagi anda yang ingin mencegah diabetes sejak dini, dan atau bagi seorang diabetesi untuk mengurangi komplikasi diabetes lebih lanjut.

“Saya berusaha mengeluarkan menu makanan dan minuman berbahan aman untuk penderita diabetes, karena setiap orang pasti punya makanan favorit. Kita ingin memberikan motivasi untuk orang-orang sakit juga bisa jajan,” beber Nani.

Menurutnya, tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal.

Untuk memenuhi nutrisi tersebut, perlu mengkonsumsi makanan dengan mempertimbangkan makanan sehat lagi baik bagi setiap orang. Sebab makanan yang sehat belum tentu baik bagi beberapa orang.

Untuk diketahui, diabetes dikenal sebagai penyakit silent killer, karena sering sekali penderita tidak menyadari dirinya mengidap diabetes. Sampai sudah terjadi komplikasi, baik yang ringan sampai berat.

“Penderita diabetes harus menerapkan pola hidup sehat, salah satunya memilih makanan sehat sesuai kebutuhan tubuhnya selama tidak ada komplikasi,” ujar Nani.[]