BANDA ACEH – Komunitas Kejar Mimpi Aceh (KMA) menggelar workshop bertajuk “Enhancing Sales by Advanced Digital Marketing Strategy” di Aula FTK UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Sabtu (10/5/2025). Kegiatan ini diikuti oleh 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Banda Aceh.
Workshop ini merupakan bagian dari program Berdaya UMKM, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam menerapkan strategi pemasaran digital secara efektif.
Kegiatan ini merupakan inisiatif dari gerakan Kejar Mimpi, yang digagas oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk sejak 2017 dan hingga kini terus aktif menghadirkan program berdampak positif bagi generasi muda dan masyarakat luas.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Dua pemateri hadir dalam kegiatan ini, yaitu Ermita Fatimah Hasibuan, founder Kopi Ayah & Teh Zero, serta Alvie Ahmad Khemal, City Manager Region of Aceh dari Grab Indonesia.
Person in Charge (PIC) kegiatan, Novia Ramadhani, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM lebih memahami pentingnya pemasaran digital.
“Workshop Berdaya UMKM ini merupakan salah satu rangkaian dari program Berdaya UMKM. Harapannya, para pelaku UMKM dapat lebih memahami pentingnya digital marketing dalam mengembangkan usaha mereka,” ujar Novia.
Salah satu peserta, Ita Suraya, mengaku sangat terbantu dengan pelatihan ini, terutama karena dirinya termasuk pelaku UMKM yang tidak terlalu akrab dengan teknologi.
“Menurut saya, kegiatan ini sangat membantu pelaku UMKM yang sudah berusia di atas 40 tahun seperti saya, yang kurang paham teknologi. Ini bisa bantu meningkatkan penjualan kami,” kata Ita.
Sementara itu, Leader Kejar Mimpi Aceh, Awangga Prabowo, berharap agar pelatihan ini dapat berdampak nyata terhadap peningkatan penjualan dan daya tarik produk UMKM.
“Harapannya, kegiatan ini bisa mempermudah pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka, dan membuat kita sebagai konsumen lebih tertarik untuk membeli produk-produk UMKM. Semoga UMKM di Banda Aceh semakin maju,” tutur Awangga.
Sebagai bentuk dukungan lanjutan, Kejar Mimpi Aceh juga akan memilih 10 UMKM terbaik dari peserta workshop untuk mendapatkan fasilitas branding gratis berupa pemasangan spanduk dan promosi produk di akun Instagram resmi Kejar Mimpi Aceh.[]