Jakarta | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI resmi menetapkan 110 event unggulan tahun ini yang dirangkum dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Tiga di antaranya berasal dari Aceh yakni Sabang Marine Festival (SMF), Aceh Ramadhan Festival (Ramfest) dan Aceh Perkusi.

KEN tahun ini resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual saat acara seremonial peluncuran KEN 2024 yang dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dari Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DKI Jakarta, Sabtu malam, 27 Januari 2024.

“Semoga event ini (KEN)dapat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri dan mancanegra untuk tertarik datang ke berbagai detinasi wisata kita. Saya yakin dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat, Pemda, sektor swasta dan masyarakat, pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan bangkit dan semakin maju,” ujar Jokowi.

Masuknya ketiga event unggulan budaya dan wisata Aceh itu disambut antusias Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal. Ia menilai terpilihnya ketiga event tersebut hasil inovasi, adaptasi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Alhamdulillah tahun ini tiga event unggulan budaya dan wisata Aceh kita kembali masuk 110 event KEN 2024, ada Sabang Marine Festival, Aceh Ramadhan Festival dan Aceh Perkusi. Bahkan, berdasarkan kebijakan Kemenparekraf, Aceh Culinary Festival tahun ini naik kelas ke level nasional dan internasional karena mampu tembus Top 10 KEN tiga tahun berturut-turut,” sebut Almuniza.

Kadisbudpar Aceh menuturkan masuknya event budaya dan wisata Aceh ke dalam KEN memberikan dampak positif lantaran mendapat dukungan promosi Kemenparekraf RI. Atraksi budaya dan wisata yang digelar sepanjang tahun terbukti meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita akan terus memaksimalkan pengelolaan event Aceh yang terangkum dalam KEN dan kegiatan lainnya, yang masuk dalam kalender wisata dan budaya atau Khazanah Piasan Nanggroe (KPN),” ujarnya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berkolaborasi menyukseskan beragam agenda budaya dan wisata Aceh. Saat ini Kami tengah merangkum event-event berkualitas hasil pengajuan kabupaten/kota untuk kita rilis segera ke dalam kalender event budaya dan wisata Aceh (KPN) 2024,” ujar Almuniza lagi.

Rahmadi Aulia
Editor
Farizi
Reporter