INTIMES.co.id  – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyinggung soal pentingnya menjaga demokrasi. Surya berharap seluruh demokrasi tak dirusak dengan mencampuradukkan urusan keluarga dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Surya saat kampanye akbar Partai Nasdem di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/1). Ia mengatakan Nasdem akan memperjuangan proses tata negara yang berkualitas.

“Kita tidak boleh mencampuradukkan antara hak pribadi, keluarga, dengan hak-hak publik,” kata Surya disiarkan dalam Metro TV.

Ia mengatakan para pemimpin Indonesia sebelumnya telah memberikan gagasan kebangsaan berupa republik. Menurutnya, para pendahulu bangsa telah menempatkan bentuk negara yang sesuai dengan saat ini. Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak menjaga komitmen terhadap demokrasi.  “Aturan perjalanan kehidupan kebangsaan kita adalah tetap berlandaskan model dan sistem demokrasi,” katanya.

Ia juga berharap setiap pemilihan umum yang dijalani akan membuat proses tata negara di Indonesia semakin berkualitas. Hal yang juga menurutnya penting adalah menjaga persatuan. “Penghormatan kepada persatuan jauh lebih penting dari pemilu itu sendiri,” katanya.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan juga sempat berpidato dalam kampanye tersebut. Anies sempat memberikan pujian kepada Surya Paloh dan Nasdem karena membawakan narasi perubahan. “Langkah ini sangat berani di masanya,” kata Anies

Sumber : katadata.co.id