INTIMES.co.id | JAKARTA – Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dijadwalkan bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023). Agenda pertemuan ini adalah kunjungan balasan dari Surya Paloh, sekaligus makan siang bersama. Dia menambahkan, ini adalah pertemuan dua sahabat yang terus menguatkan silaturahmi. “Agenda kunjungan balasan dan makan siang bersama,” kata Willy Aditya dilansir Antara, Sabtu (4/3/2024).

Willy mengatakan, dirinya bersama Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto dan Wasekjen Hermawi Taslim akan mendampingi Surya Paloh dalam pertemuan di Hambalang nanti. Diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto mengunjungi Surya Paloh di Tower Nasdem, Jakarta Pusat, pada 1 Juni 2022. Dalam pertemuan itu, Paloh mengungkapkan banyak hal yang dibahas bersama Prabowo.Paloh mengatakan, pertemuan saat itu bukan hanya dalam kapasitas sebagai ketua umum partai politik, tetapi juga sebagai kawan lama.

Sebagai informasi, berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon itu diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Adapun Partai Gerindra telah menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kendati demikian, koalisi ini belum menetapkan bakal calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024. Sementara itu, Partai Nasdem tengah melakukan komunikasi bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk membentuk Koalisi Perubahan. Ketiga partai ini pun sama-sama mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden mereka.

Sumber : Kompas.com