INTIMES.co.id | BANDA ACEH – SMP Negeri 3 Banda Aceh menggelar rapat kerja (raker) yang mengusung tema “Bersinergi Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila”.

Kegiatan raker ini akan berlangsung tiga hari yakni 21-23 Juni atau Rabu hingga Jumat, di Aula SMPN 3 Banda Aceh.

Raker ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri, Rabu (21/6/2023).

Dalam sambutannya, Sulaiman menyampaikan. bahwa Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh akan terus berkomitment untuk mendukung SMPN 3 Banda Aceh mempertahankan serta meningkatkan level sekolah yang sudah sangat baik sehingga mendapatkan tempat di hati masyarakat.

“Agar dapat terus ke arah yang lebih baik lagi melalui peningkatan dan penerapan 4 kompetensi guru yaitu, kompetensi Kepribadian, Pedagogik, Sosial dan Profesional,” kata Bakri Sulaiman.

Tak hanya itu, Sulaiman juga menekankan bahwa Merdeka Belajar bakal terwujud jika semua guru terus bergerak untuk mengupgrade diri menuju pribadi pembelajar sepanjang hayat.

“Kondisi ini dapat dicapai dengan pemanfaatatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan salah satu sarana dan prasana berbasis digital seiring diluncurkannya episode ke 15 Merdeka Belajar tahun 2022 lalu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Banda Aceh, Rima Afriani melaporkan, agenda raker yakni evaluasi kinerja tahun ajaran 2022-2023, penyusunan dan pemaparan program kerja tahun ajaran baru serta pembagian tugas guru mengajar.

Selain itu, untuk peningkatan kompetensi guru di bidang penerapan kurikulum merdeka, guru SMPN 3 Banda Aceh dibekali dengan serangkaian pengetahuan seperti pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, pemanfaatan PMM, pelaksannan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

“Sedangkan untuk pemahaman administrasi, guru dibekali pula dengan pemahaman tentang penyusunan PKG, SKP dan DUPAK,” pungkasnya.[]

Fakhrur
Editor