INTIMES.co.id  – Pemko Padang mewajibkan siswa yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) menghafal minimal 1 juz Al-Qur’an.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Padang, Hendri Septa saat melakukan Safari Subuh Ramadan di Musala Nur Hidayah, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kamis (30/3).

Wali Kota Padang, Hendri Septa menyebut, di tahun ini, pihaknya sudah membangun 512 ruang kelas baru pada sekolah tingkat SMP, yang merupakan salah satu program unggulannya.

“Di tahun ini kami telah membangun 512 kelas baru pada sekolah di tingkat SMP di Kota Padang,” kata Hendri Septa, Kamis (30/3).

Dengan terpenuhinya fasilitas tersebut, pemerintah berinisiatif untuk mewajibkan siswa yang duduk di kelas SD hingga SMP menghafal minimal 1 juz Al-Qur’an.

“Kami saat ini sangat setuju dengan program Kemenag, di madrasah diwajibkan siswanya untuk naik kelas harus hafal minimal 3 juz,” katanya.

“Dan itu juga akan kami wajibkan untuk sekolah negeri yang ada di Kota Padang. Jika tidak mencukupi, maka akan tinggal kelas,” lanjut dia.

Hendri Septa menambahkan, jika program itu tercapai, maka akan berdampak pada generasi muda bekal di masa depan, serta untuk orang tuanya nanti.

Dia berharap dengan adanya program hafal 1 juz dan didukungnya dengan kegiatan Pesantren Ramadan, dapat meningkatkan kegiatan keagamaan di Kota Padang

“Kami juga mendengar ada kegiatan Pesantren Ramadan yang dilakukan di Musala Nur Hidayah sebanyak 20 anak,” ucapnya.

“Kami berharap masyarakat dapat membantu melaksanakan kegiatan agama dengan baik,” sambung dia mengakhiri. (Sumber :Khazminang.id)