INTIMES.co.id  –  SHIN Tae-yong diminta menangani Timnas Korea Selatan lagi setelah mengantarkan Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia 2023. Permintaan itu langsung diutarakan pencinta sepakbola asal Korea Selatan di media sosial.

Jumat 26 Januari 2024 dini hari WIB, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia untuk pertama kalinya tak hanya dibahas media-media Indonesia, tapi juga internasional.

Salah satu media internasional yang mengabarkan kesuksesan Timnas Indonesia adalah media asal Korea Selatan, Berita1TV. Di akun YouTube-nya, media ini mengeluarkan judul yang menarik perhatian.

“Shin Tae-yong “ahli trik” mencetak sejarah untuk sepakbola Indonesia. Ia menjadi pahlawan nasional,” tulis Berita1TV.

Berita di atas pun mendapat respons dari banyak pencinta sepakbola Korea Selatan. Salah satu dari mereka heran kenapa Federasi Sepakbola Korea Selatan malah menunjuk pelatih asing, ketika banyak juru taktik asal Negeri Ginseng yang bersinar di luar negeri.

Selain Shin Tae-yong, ada juru taktik asal Korea Selatan yang bersinar di luar negeri seperti Kim Pan-gon bersama Timnas Malaysia. Sebelumnya, ada juga Park Hang-seo yang mencetak banyak sejarah bersama Timnas Vietnam pada 2017-2023.

Di saat bersamaan, pelatih asal Jerman, Jurgen Klinsmann, belum memberikan performa optimal untuk Timnas Korea Selatan. Terbukti di Piala Asia 2023 saja, Korea Selatan yang dihuni pemain-pemain top dunia seperti Son Heung-min hingga Lee Kang-in hanya finis runner-up di Grup E Piala Asia 2023.

“Ada banyak pelatih berbakat di negara ini. Namun, mengapa pelatih asing yang didatangkan dari luar negeri? Saya bingung,” tulis akun juno.kjs3660.

Bahkan salah satu pencinta sepakbola asal Korea Selatan yang meminta PSSI-nya Korea Selatan (KFA) untuk membawa pulang Shin Tae-yong. Ia menilai jika saat itu Shin Tae-yong diberi waktu, Korea Selatan bakal menjadi tim yang menakutkan.

Sekadar diketahui, Shin Tae-yong sempat kurang dari satu tahun menangani Korea Selatan pada 2017-2018. Ia mengantarkan Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2018 di posisi terjepit, juara EAFF 2017 hingga menumbangkan Jerman 2-0 di fase grup Piala Dunia 2018.

“Sejujurnya pemecatan Shin Tae-yong dari kursi pelatih Timnas Korea Selatan pada 2018 sangat tergesa-gesa. Saya menilai Shin Tae-yong akan memberikan yang terbaik jika diberi kesempatan tiga tahun. Saya berharap KFA memberinya kesempatan lagi kepada Shin Tae-yong,” lanjut akun User-fj1pm8dq8t.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berakhir pada Juni 2024. Diperpanjang atau tidaknya kontrak Shin Tae-yong tergantung pencapaian Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Di ajang itu, Timnas Indonesia U-23 dituntut lolos ke fase gugur.

Sumber : Okezone.com