INTIMES.co.id | MEDAN – Sebagai respons terhadap eskalasi ketegangan dan kekerasan dalam konflik Israel-Palestina, Senator Muhammad Nuh dari Indonesia menekankan pentingnya posisi Indonesia. 

Senator Nuh meyakini bahwa peran Indonesia sangat penting dalam membela hak dan kesejahteraan rakyat Palestina yang saat ini mengalami penindasan dan pendudukan oleh Israel.

“Melalui Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk mendorong Israel menghentikan tindakan agresifnya terhadap populasi Muslim di Palestina,” kata Nuh, Sabtu (14/10).

Selain itu, ia menekankan pentingnya memberikan bantuan kemanusiaan dan ekonomi berkelanjutan kepada mereka yang terkena dampak serangan Israel.

Tentang pertimbangan dukungan militer dari negara-negara mayoritas muslim, Senator Nuh menekankan perlunya evaluasi komprehensif terhadap berbagai faktor dan kondisi objektif sebelum membuat keputusan. 

“Bahwa pilihannya harus didasarkan pada apa yang paling besar mashlahatnya,” kata Nuh.

Selanjutnya, Senator Nuh menyatakan kekecewaannya terhadap sikap pasif banyak negara Islam, termasuk di Timur Tengah, yang tidak mengambil tindakan yang substansial untuk mendukung rakyat Palestina. 

Sebaliknya, ia menyoroti bahwa beberapa negara Barat, dipimpin oleh Amerika Serikat, secara terang-terangan mendukung Israel dalam melanjutkan pendudukannya di Palestina.

Senator mengakui bahwa isu Palestina bukanlah konflik biasa melainkan masalah yang sangat kompleks. 

“Permasalahan ini bukan hanya melibatkan aspek seperti keyakinan agama, hukum, politik, ekonomi, budaya, namun masih banyak lagi,” ucapnya.

Dalam konteks peristiwa terkini, Senator Nuh juga mengomentari situasi di lapangan. Ia menyoroti bahwa setelah upaya perlawanan oleh kelompok bersenjata Hamas untuk mengusir penduduk Israel dari tanah Palestina, Israel melakukan serangan besar-besaran terhadap warga sipil di perbatasan Gaza. 

Tindakan brutal Israel ini telah mengakibatkan kematian ribuan warga sipil, termasuk perempuan dan anak-anak.

Selain itu, serangan Israel yang sembrono telah menyebabkan kerusakan yang luas pada rumah-rumah warga, mengakibatkan pengungsian puluhan ribu penduduk dan meninggalkan mereka dalam keadaan membutuhkan perlindungan. 

Gangguan pasokan listrik dan air oleh Israel telah menyebabkan kekurangan sumber daya penting. Rumah sakit pun kesulitan memberikan perawatan kepada korban karena kurangnya pasokan listrik dan juga telah menjadi sasaran serangan udara Israel, yang mengakibatkan korban di kalangan tenaga medis.

Senator Nuh dengan tegas mengkritik tindakan Israel. “Israel mengabaikan aturan yang telah ditetapkan dan percaya bahwa hanya mereka yang pantas untuk mendapatkan penghormatan dan pengakuan,” ujarnya.[]

Fakhrur
Editor