INTIMES.co.id | SABANG – Sebanyak 32 atlet renang terdiri dari 26 atlet putra dan 6 atlet putri mengikuti Open Water Swimming. Ajang unjuk bakat atlet renang ini merupakan rangkaian dari Sabang Marine Festival 2023, sekaligus sarana promosi sport tourism di Kota Sabang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Menara Merah Putih ini, dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi bersama unsur Forkopimda, Sabtu (18/3).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sabang Irfani mengatakan ada dua kategori yang diperlombakan kali ini, yaitu 2000 meter untuk putra dan 1500 meter putri.

Lihat juga: Forkopimda dan Warga Sabang Ikut Gotong Royong di Pantai Kasih

“OWS ini menghadirkan juri-juri ahli di bidangnya seperti Ibnu Azam, Ketua Wasit Yusniar Amara, dan Timer Starter Hendri Sahputra,” kata Irfani.

Tidak hanya atlet lokal Sabang, giat olahraga Open Water Swimming juga diikuti atlet yang berasal dari luar daerah seperti Banda Aceh, Aceh Besar, Langsa, dan daerah lainnya.

“Setelah adu kecepatan yang sengit akhirnya kita dapat 3 pemenang untuk kategori putra dan putri. Juara 1 putra diraih oleh M. Gio Wahyudi dari Langsa, disusul juara 2 ada M. Syaid Afid Rasya dari Banda Aceh, dan juara ke 3, Fasha Ananda Arfa dari Rindam Mata Ie,” jelasnya.

Lihat juga: Jamal Idham Terima Penghargaan Sosok Pengusaha Muda Peduli Masyarakat

Sementara untuk kategori putri, lanjut Irfani, juara 1 dan 2 diraih atlet yang berasal dari Banda Aceh. Pada posisi pertama Wirdiana Ayu Dwi Cahya dan juara 2 diraih Fitria Margarita Manurung. Sementara juara ke 3 dimenangkan Audi Talita Latif dari Langsa.

“Di samping sebagai sarana olahraga unjuk kemampuan para atlet, kegiatan ini juga ajang mempromosikan sport tourism di Kota Sabang. Semoga kegiatan ini bisa memotivasi para atlet Sabang untuk terus berlatih dan berkarya,” tambahnya.