INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis hasil pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia tahun 2023. Kabar baiknya, kampus kebanggaan masyarakat Aceh, Universitas Syiah Kuala (USK) menduduki posisi ketiga.

Dari perangkingan tersebut, sebanyak 59 kampus di Indonesia masuk dalam perangkingan. Dimana Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat pertama, disusul Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan di peringkat ke-59 ditempati Universitas Widyatama.

Lihat juga: Yuk Berburu Takjil di Banda Aceh, Ini Lokasinya

Rektor USK, Prof Marwan mengaku bersyukur atas capaian tersebut. Menurutnya, keberhasilan USK masuk top three kampus terbaik di Indonesia menjadi semangat lebih bagi USK untuk terus meningkatkan prestasi.

“Alhamdulillah kita bersyukur USK berada di peringkat ketiga kampus terbaik di Indonesia versi SIR. Ini modal berharga bagi USK yang sedang menjalankan status PTN-BH, sekaligus bisa mempercepat langkah menjadi world class university,” ucap Marwan, Selasa (21/3).

Prof Marwan menerangkan, kesuksesan USK yang makin berprestasi tidak terlepas dari sejumlah hal penting yang terus digalakkan. Salah satu aspek paling penting ada pada publikasi, terutama penelitian.

Lihat juga: Majalah Dinamika Sabet Silver Winner Ajang Isprima 2023

USK senantiasa mendorong dan membantu para dosen untuk giat meneliti, dengan demikian publikasi menjadi meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. Di saat yang sama, penelitian tersebut menjadi rujukan dunia, pun bisa melahirkan produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Capaian yang terus diraih USK tidak lepas dari kerja keras semua pihak, yang tidak mungkin kami sebut satu per satu. USK selalu mengedepankan sinergitas. Karena kami percaya, berkat kerjasama dan keberanian, perubahan ke arah lebih baik, Insya Allah bisa terwujud,” tutur Prof Marwan.

Untuk diketahui, Scimago Institutions Ranking merupakan pengklasifikasi lembaga akademik yang terkait penelitian dengan menggabungkan tiga indikator, yaitu kinerja penelitian, inovasi, dan dampak sosial.

Disamping itu, Scimago juga berkolaborasi dengan Elsevier yang menerbitkan perangkingan jurnal-jurnal di dunia, yaitu Scimago Journal Ranking (SJR).[]