INTIMES.co.id | SABANG – Pemerintah Kota Sabang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Aceh untuk yang ke-11 kalinya, atas laporan keuangan Pemerintah Kota Sabang tahun 2022.

Lihat juga: Pj Wali Kota Serahkan SK 100 Persen 185 CPNS Lingkup Pemko Sabang

LPH dengan Wajar Tanpa Pengecualian dengan Penekanan Suatu Hal (WTP-PSH), diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Aceh Masmudi, kepada Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, di Auditorium BPK RI Perwakilan Aceh, di Banda Aceh, Selasa (18/4).

Lihat juga: Merusak Lingkungan, Penertiban Tambang Ilegal di Aceh Harus Dilakukan Serius

Opini WTP ini diserahkan BPK RI Perwakilan Aceh bersamaan dengan tujuh kab/kota lainnya, dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) delapan Pemerintah Kabupaten/Kota TA 2022 se-Aceh.

Kepala BPK RI Perwakilan Aceh Masmudi, mengucapkan selamat kepada delapan kabupaten/kota yang telah meraih opini WTP maupun dengan Penekanan Suatu Hal, dengan harapan, ini bisa menjadi penyemangat untuk selalu meningkatkan pengelolaan keuangan daerah menjadi lebih baik.

“Jadi capaian ini sangat kami harapkan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas/kredibilitas dan transparansi keuangan daerah sehingga akan menjadi lembaga yang patut untuk dipertahankan,” kata Masmudi.

Namun demikian, BPK masih menemukan beberapa permasalahan, yang harus ditertibkan oleh setiap kab/kota. Sehingga laporan keuangan yang diserahkan, dapat menjelaskan data aset yang benar-benar dimiliki dan disajikan sesuai kondisi yang sebenarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras membantu mempertahankan opini WTP hingga ke-11 kalinya ini secara berturut-turut.

“Alhamdulillah tahun ini Kita kembali mendapatkan penghargaan WTP, ini berkat kerja keras kita semua. Saya atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Sabang, mengucapkan terima kasih kepada legislatif, eksekutif, serta seluruh pihak yang terlibat, sehingga kita mampu mempertahankan opini WTP tahun ini,” ucap Reza Fahlevi.

Menurutnya, capaian ini masih jauh dari kata sempurna, Pemerintah Kota Sabang dan seluruh pihak terkait akan terus berbenah dan meningkatkan kualitas laporan keuangan, demi perbaikan dan kemajuan Kota Sabang ke depannya.

“Kami berharap, peraihan opini WTP ini menjadi pemicu semangat kita bersama, untuk meningkatkan akuntabilitas tata kelola keuangan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel, demi kemajuan Sabang,” harapnya.[]