INTIMES.co.id | SABANG – Kota Sabang kembali torehkan prestasi pada ajang bergengsi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2023. Kali ini, Air Terjun Pria Laot Kota Sabang berhasil meraih penghargaan sebagai peringkat pertama dalam kategori Surga Tersembunyi.

Penetapan pemenang itu diumumkan pada malam puncak penganugerahan API Award 2023, yang diselenggarakan di Kota Ambon, Maluku, Rabu (1/11) malam.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi pemerintah dan masyarakat Kota Sabang untuk terus merawat, menjaga, dan melestarikan, serta mengembangkan juga memperbaiki seluruh potensi wisata Pulau Weh.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi pemicu bagi kita semua pelaku pariwisata di Sabang, untuk lebih semangat dalam meningkatkan kualitas daya tarik dan memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Kamis (2/11).

Ia turut berterimakasih kepada seluruh masyarakat dan sahabat pariwisata yang telah mendukung Kota Sabang dalam ajang apresiasi wisata nasional ini.

Air terjun Pria Laot Kota Sabang meraih Juara I kategori Surga Tersembunyi dengan jumlah voting 29,97 persen. Untuk kategori Surga Tersembunyi peringkat ke dua diraih oleh Pulau Meatimlarang, Kabupaten Maluku Barat daya (23,62 persen) dan peringkat ketiga diraih oleh Air Terjun Talisewu Kabupaten Kolaka Timur (23,36 persen).

“Selama ini mungkin hanya segelintir wisatawan yang tau dan telah berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Pria Laot. Dengan keluarnya sebagai juara I dalam ajang bergengsi ini, semoga akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan berkunjung ke objek wisata air terjun, maupun ke destinasi wisata lainnya,” harapnya.

Pj Wali Kota Sabang menambahkan, Pemerintah Kota akan terus melakukan peningkatan sarana dan prasarana pada destinasi wisata tersebut, agar mudah di akses oleh pengunjung, juga destinasi wisata Sabang lainnya.

Selain Kota Sabang, Aceh juga meraih beberapa nominasi penghargaan lainnya yaitu Meseum Kota Langsa meraih Juara I Situs Sejarah dan merupakan juara Favorit dalam API Awards 2023 dengan voting 92,78 %. Diikuti oleh Kabupaten Aceh Selatan, Jus Nipah meraih Juara I kategori Minuman Tradisonal, Kabupaten Nagan Raya, Batu Giok meraih Juara III kotegori Cinderamata.

Untuk tahun ini, parade Juara di dominasi oleh nominasi yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Maluku sang tuan rumah.[]

Fakhrur
Editor