INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Sebanyak 681 peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 dinyatakan lulus di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dimana total 265 itu di antaranya merupakan peserta yang terdaftar sebagai penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Lihat juga: 2.153 Peserta SNBP Lulus di USK 

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman, mengatakan bahwa UIN Ar-Raniry pada tahun akademik 2022/2023 ini akan menerima sebanyak 6.185 mahasiswa baru, proses penerimaan calon mahasiswa baru dilakukan melalui lima jalur seleksi.

“Proses seleksi calon mahasiswa baru tahun 2023 melalui lima jalur tersebut sebagian sedang berlangsung dan telah memperoleh hasil, sementara beberapa jalur seleksi lainnya akan dilaksanakan secara bertahap hingga Juli 2023 mendatang,” kata Mujib, Rabu (29/3/2023).

Lihat juga: Pangdam IM Sambut Kedatangan Wapres Ma’ruf Amin di Banda Aceh

Mujib menyebutkan, salah satu hasil seleksi yang telah memperoleh hasil adalah jalur SNBP, dari 1.146 siswa yang mendaftar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 681 dinyatakan lulus dan segera melengkapi syarat pendaftaran ulang sesuai dengan ketentuan.

Mujib mengucapkan selamat kepada peserta SNBP tahun 2023 yang telah dinyatakan lulus pada berbagai Perguruan Tinggi pilihan masing-masing, khususnya yang telah menetukan pilihannya pada kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Namun bagi yang tidak lulus, Rektor mengajak untuk lebih giat mempersiapkan diri mengikuti pada jalur seleksi lainnya.

“Kami berpesan kepada yang belum lulus, agar dapat mempersiapkan diri lebih matang dalam mengikuti seleksi melalui beberapa jalur seleksi, terus memperbaharui informasi jadwal pendaftaran, masih kesempatan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Muhammad Yasir Yusuf, menuturka  UIN Ar-Raniry pada tahun ini akan melaksanakan proses penerimaan calon mahasiswa baru seperti biasanya, yaitu dilakukan melalui lima jalur seleksi.

“Lima jalur seleksi tersebut bisa disebut tiga kategori, pertama jalur seleksi dibawah Kementerian Agama, prodi yang dapat dipilih adalah yang sifatnya keagamaan. Kedua, jalur dibawah Kemendikbudristek, prodi yang dapat dipilih adalah prodi umum. Dan ketiga PMB Lokal, seleksi yang dilakukan oleh UIN Ar-Raniry untuk seluruh prodi yang ada di UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” katanya.

Yasir Yusuf merincikan, untuk jalur seleksi di bawah Kementerian Agama yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Sementara di bawah Kemenristekdikti ada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Test atau UTBK-SNBT.

Yasir mengingatkan, bagi yang telah dinyatakan lulus pada jalur SNBP, segera menyerahkan Rapor Asli ditunggu hingga 5 April pukul 15.00 wib, selanjutnya untuk diverifikasi dan hasilnya dapat lihat pada https://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/informasi/snbp pada 10 April mendatang.

“Intinya perlu kami ingatkan, khususnya yang telah lulus untuk segera daftar ulang mulai 12 – 26 April, dan jadwal pembayaran SPP pada 17 April – 7 Mei 2023, perlu ditegaskan bahwa diluar jadwal yang telah ditentukan tidak dapat diproses dan akan dinyatakan gugur atau dianggap mengundurkan diri,” tutup Yasir.[]