INTIMES.co.id | MEDAN – Forum Zakat Sumatera Utara melalui anggotanya berhasil menghimpun dana ZISWAF di Sumatera Utara sebesar R0 10.5 miliar selama bulan ramadan 2023, Selasa (23/5).

Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya yang hanya mampu menyentuh angka Rp 9.7 Miliar.

Dijelaskan Sulaiman selaku Ketua Forum Zakat Sumatera Utara bahwa peningkatan tersebut terjadi dikarenakan meningkatnya kepercayaan masyarakat menunaikan ZISWAF melalui lembaga resmi.

“Karena masyarakat sudah semakin sadar untuk membayar zakatnya ke lembaga yang memiliki Izin. Masyarakat pun juga perlahan paham bagaimana zakat ditunaikan tujuannya agar bagaimana bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Bahkan, Sulaiman mengatakan angka 10,5 M itu bisa menjadi lebih besar dikarenakan masih ada beberapa lembaga yang belum menyerahkan data penghimpunan.

“Sebenarnya bisa lebih besar dari yang disajikan pada grafik, karena masih ada anggota Forum Zakat Sumatera Utara yang belum menyerahkan data penghimpunan ramadan,” terangnya.

Sulaiman berharap, kedepan kesadaran masyarakat di Sumatera Utara bisa terus meningkat.

“Sebagaima jika masyarakat menunaikan ZISWAF melalui lembaga resmi maka akan lebih berdampak kepada mustahiknya dan lebih tepat sasaran apalagi jika zakat produktif mampu mengeluarkan mustahik dari garis kemiskinan,” harapnya.

Lebih lanjut tentang penghimpunan ZISWAF selama ramadan ini, Abu Daud selaku Sekretaris FOZ Sumut turut memaparkan jumlah penerima manfaat dalam hal penyalurannya.

“Total dana terhimpun itu sebesar Rp 10.531.841.977 dengan penyaluran kepada penerima manfaat sebanyak 73.610 jiwa,” paparnya.

Abu Daud pun mengucap syukur atas keberhasilan para anggota FOZ dalam mencapai penghimpunannya.

“Alhamdulillah kerjasama dan kekompakan dari para anggota FOZ Sumut sehingga bisa tercapai penghimpunan dengan angka tersebut,” ucapnya.

Dari total anggota FOZ Sumut sebanyak 17 OPZ, hingga kini baru ada 14 OPZ yang menyerahkan datanya.

Adapun keempat belas OPZ tersebut yakni Dompet Dhuafa Waspada, Rumah Zakat, Yakesma, Baitul Maal Hidayatullah, LAZ Persis, BSMI, Ulil Albab, Rumah Yatim, YBM BRILiaN, IZI, PPA Daarul Quran Medan, Yatim Mandiri, Lazismu, dan DT Peduli.[]

Fakhrur
Editor