Intimes.co.id | Jakarta – Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut tidak pernah mendengar izin yang keluar dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ataupun permintaan yang diajukan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno untuk berpindah partai ke PPP.

“Saya belum pernah mendengar Pak Sandi minta izin, atau belum pernah mendengar Pak Prabowo memberikan izin,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Dasco menilai adalah hal yang wajar pinangan yang diajukan PPP kepada Sandiaga dalam konteks dinamika politik. Namun, lanjut dia, Sandiaga sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan akan tegak lurus dengan Partai Gerindra.

Nah, ini saya pikir dinamika dalam perpolitikan yang wajar dan biasa, dan itu tergantung. Dan Pak Sandi waktu itu juga sudah mengatakan, waktu menjumpai Pak Prabowo itu mengatakan akan tegak lurus terhadap partai,” ujarnya.

Untuk itu, kata Dasco, ada mekanisme dan etika yang seyogianya dilakukan Sandiaga jika benar-benar hendak berpindah ke PPP. “Sebagai orang yang dewasa dalam berpolitik, mekanisme-mekanisme yang beretika tentunya akan dipenuhi apabila, misalnya, Pak Sandi mau pindah,” ucapnya.

Ia pun menegaskan bahwa Prabowo sedianya tidak pernah menghalang-halangi karier politik seseorang, termasuk yang ingin maju dalam Pilpres. Namun, ia mengingatkan bahwa Partai Gerindra telah menyepakati akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

“Kita kan sudah sama-sama tahu bahwa calon presiden dari Partai Gerindra itu sudah fix hanya Pak Prabowo melalui Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) waktu itu,” ucapnya.

Sebelumnya, Ahad (12/2), Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan bahwa Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno telah mendapatkan izin dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk bergabung dengan PPP.

“Pak Sandi itu diberikan izin oleh Pak Prabowo untuk bergabung bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan untuk mendukung perjuangan Partai Persatuan Pembangunan, setuju?” kata Mardiono saat Perayaan Hari Lahir Ke-50 PPP di Malino, Gowa, Sulawesi Selatan.

“Setuju,” jawab para kader PPP yang hadir. Mardiono lantas meminta kepada para kader PPP yang hadir untuk mendoakan agar Sandiaga secara resmi bergabung dengan PPP.

“Sekali lagi kita doakan Pak Sandiaga Salahuddin Uno nanti bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan dan nanti kita calonkan jadi apa?? ujar Mardiono.

“Presiden,” jawab para kader PPP yang hadir di acara Harlah yang dihadiri langsung oleh Sandiaga itu.