INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Salman Al Farisi lolos tiga besar calon kepala kantor wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh, dalam seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kemenag 2023.

Hal itu diketahui berdasarkan pengumuman nomor: 08-P/PANSEL/05/2023 Tentang Hasil Akhir Seleksi Terbuka Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama Republik Indonesia 2023.

Pengumuman tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar, yang juga selaku Ketua Panitia Seleksi, di Jakarta, Senin (8/5).

Salman Al Farisi saat ini menjabat Kakanwil Kemenag Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Selain Salman, nama lain yang masuk tiga besar calon Kakanwil Kemenag Aceh, yakni Azhari dan Muntasyir.

Dalam pengumuman itu, ada tiga poin yang disampaikan Nizar. Pertama bahwa sesuai dengan ketentuan Pasal 131, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Panitia seleksi mengajukan tiga nama calon pejabat pimpinan tinggi (PPT) pratama untuk setiap satu lowongan jabatan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) melalui pejabat yang berwenang (PyB).

“Pejabat pembina kepegawaian memilih satu dari tiga nama calon pejabat pimpinan tinggi pratama yang diajukan panitia seleksi,” tulis Nizam dalam pengumumannya yang dikutip pada Senin (8/5).

Selain itu, juga disebutkan bahwa urutan nama tersebut disusun berdasarkan abjad dan tidak menunjukkan peringkat nilai masing-masing calon pejabat pimpinan tinggi pratama.

“Keputusan panitia seleksi bersifat final, dan tidak dapat diganggu gugat,” tulis poin terakhir.

Profil Salman Al Farisi

Salman Alfarisi merupakan putra asli Gampong Kuta Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Salman lahir pada 22 September 1975 dari ayah Muhammad Judan Makruf (alm), dan ibu Hj Ramlah Amin (almarhumah).

Terhitung 16 Juni 2022 lalu, Salman dipercayakan menjabat sebagai Kepala Kankemenag Abdya.

Salman juga bukanlah sosok yang asing dalam organisasi Nahdlatul Ulama. Mantan kepala Balai Diklat Kemenag Medan itu, merupakan sosok kader tulen Nahdlatul Ulama (NU).

Ayah tiga anak ini merupakan lulusan Doktor (S-3) di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry program studi Pendidikan Islam.

Adapun riwayat jabatan Salman Al Farisi yakni, Kepala Kantor Kementerian Agama Abdya (2022 hingga sekarang), Kepala Balai Diklat Keagamaan Medan (2019-2022), Kepala Balai Diklat Keagamaan Aceh (2017-2019), Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Aceh (2007), Kepala MTss Tangan-Tangan Abdya (2013-2017), Guru di MAN Abdya (2006-2013).[]

Fakhrur
Editor
Fakhrur
Reporter