INTIMES.co.id |Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin sangat mendukung langkah Pemerintah Aceh dalam memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ini dikarenakan geliat pelaku UMKM di Aceh telah menyerap banyak sekali tenaga kerja, dan berkontribusi cukup besar terhadap PDRB Aceh.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin saat penutupan Expo Entrepreneur 2023 di lapangan Blangpadang Banda Aceh, Senin (13/3/2023) malam.
“Ekonomi kita saat ini sedang tidak baik-baik saja. Namun selama ini telah menunjukkan perubahan signifikan. Ini membuktikan keseriusan Pemerintah Aceh yang fokus terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor UMKM. Patut kita apreasiasi dan kita dukung,” ujar Wakil Safaruddin.

Safaruddin optimis jika gaira pelaku UMKM di Aceh semakin meningkat. Bahkan tidak sedikit UMKM di Aceh mampu menghasilkan produksi yang layak dipasarkan di manca negara. Terlebih lagi jaringan transportasi dari Aceh ke luar negeri kian terbuka, sehingga peluang melakukan ekspor semakin besar.

Menurutnya, ini menjadi peluang besar bagi masyarakat Aceh untuk terus bangkit meningkatkan UMKM sehingga mampu memperbaiki taraf perekonomian.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk ikut andil dalam mendukung kegiatan UMKM di Aceh. Salah satunya dengan mencintai produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM lokal. Dengan mendukung karya-karya UMKM lokal, katanya lagi, tidak hanya berperan memperkuat ekonomi rakyat, tapi juga berperan dalam melestarikan khazanah Aceh.

Safaruddin menyebutkan, karya-karya UMKM jangan sebatas dilhat dari kacamata ekonomi. Ada banyak kegiatan UMKM yang sifatnya warisan budaya dan menjadi tradisi yang sudah berkembang sejak masa lalu.

“Saya berharap sinergitas Pemerintah Aceh dan DPRA fokus terhadap UMKM di Aceh ini hendaknya terus berkesinambungan, agar pengetahuan tentang lika liku ekspor semakin dikuasai para pelaku UMKM di Aceh.

Dengan pengetahuan itu, kita berharap aktivitas ekspor dapat segera berjalan, sehingga produk-produk yang dihasilkan UMKM Aceh mampu bersaing di pasar global, dan kita dapat mengaktifkan jalur transportasi dan gerbang ekspor yang ada di Aceh,” ujar Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin lagi.