INTIMES.co.id | MEDAN – Pergelaran safari alquran di MAN Labuhanbatu mendatangkan Aqeela Elfadh Juara I Hafiz Indonesia pada pekan lalu. Bersama Dompet Dhuafa Waspada, kedatangan Aqeela ke MAN Labuhanbatu ini merupakan kali pertama dilakukan oleh Aqeela.

Aqeela yang hadir bersama ayahanda dalam kesempatan ini berbagi pengalaman kepada para siswa dan siswi tentang perjalanannya mengikuti ajang Hafiz Indonesia lewat tayangan video.

Aqeela juga berbagi tips bahwa untuk menghafal alquran harus memiliki satu modal utama. “Yang paling utama itu hatinya harus senang,” kata Aqeela, Kamis (12/10).

Menyambung perkataan Aqeela, abuya mengakui bahwa memang selama ini ia memilih menyenangkan terlebih dahulu anaknya dengan menyalurkan hobi ketika ingin memulai menghafal alquran.

“Jadi, memang kalau bisa jangan dipaksa ya. Kita menghafal itu harus senang, saya doakan kita semua bisa menjadi penghafal alquran,” ucap Abuya.

Abuya selaku orang tua juga mengatakan bahwa tidak kalah penting untuk mengenali kecenderungan kecerdasan otak anak sebagai langkah awal persiapan menghafal alquran.

“Aqeela itu lahir dengan otak kirinya yang lebih aktif, lalu dicoba seimbangkan antara otak kanan dan otak kiri. Karena menghafal itu cenderung menggunakan otak kanan sehingga harus dilatih otak kanannya salah satunya dengan berhitung matematika,” terangnya.

Hal tersebut ternyata dibuktikan oleh Aqeela yang selain berhasil menghafal alquran 30 juz juga memiliki kemampuan matematika yang baik dengan menjuarai olimpiade matematika hitung cepat.

Di hadapan para siswa-siswi, Aqeela diuji ketangkasan berhitung matematika cepat dan disandingkan dengan beberapa siswa. Aqeela saat itu juga berhasil menjawab dengan benar. Dan yang membuat terpukau, ia melantunkan ayat suci alquran sesuai dengan nomor angka yang ia jawab tersebut.

Berlangsungnya acara ini kata Akhmad Syiroj, selaku Kepala Sekolah MAN Labuhanbatu, ia merasa begitu senang.

“Alhamdulillah terima kasih kami ucapkan kehadiran Aqeela semoga menambah keberkahan terkhusus untuk mendalami alquran yakni tahfidz dan sangat bermanfaat untuk siswa-siswi MAN Labuhanbatu,” ucapnya.

Ia juga mendoakan kebaikan untuk Aqeela beserta Dompet Dhuafa Waspada. “Semoga kedepannya Aqeela dan Dompet Dhuafa Waspada semakin sukses di mana pun berada sukses programnya,” pungkasnya.[]