INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Ribuan warga yang berada di Banda Aceh dan Aceh Besar melaksanakan tarawih perdana bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Pelaksanaan salat dimulai pada pukul 20.00 WIB, Rabu (22/3).

Lihat juga: Polisi Tangkap 12 Imigran Rohingya yang Hendak Kabur ke Medan

Setiap awal Ramadan, Masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini selalu menjadi pilihan jemaah yang hendak melaksanakan tarawih perdana di bulan puasa tahun ini.

Tak terkecuali pada tahun ini 1444 H/2023 M, Masjid Raya tetap ramai. Apalagi kondisi pandemi yang tak ada lagi, membuat warga berhamburan ke masjid bersejarah ini.

Pantauan Intimes.co.id di lokasi, sejak usai salat Magrib jemaah terus berdatangan. Masyarakat yang datang tak hanya berasal dari Banda Aceh dan Aceh Besar, melainkan juga dari luar kota.

Lihat juga: Meugang Ramadan, Sabang Potong 50 Ekor Sapi dan Dua Kerbau

Jemaah ada yang datang dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Sebagian jamaah membawa sajadahnya sendiri dari rumah masing-masing.

Salah satu jemaah, Isna warga Banda Aceh mengatakan, ada kesan tersendiri menunaikan salat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Menurutnya, jemaah yang datang juga sangat ramai.

“Masjid ini salah satu icon yang terkenal di Aceh dan suasananya juga mengingatkan kita kayak salat di Masjid Nabawi Madinah,” ungkap Isna.

Ia mengaku nyaman salat di Masjid Raya Baiturrahman itu. Dia bersama teman-temannya sengaja datang lebih awal agar mendapatkan tempat yang pas untuk salat.

“Alasan milih salat disini karena disini lebih santai, jadi bedanya dari tempat lain,” demikian kata Isna.[]