INTIMES.co.id | SABANG – Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, membuka seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXXVI tingkat Kota Sabang tahun 2023.

Reza Fahlevi berharap kafilah MTQ Sabang bisa mencapai 10 besar MTQ tingkat kabupaten/kota seluruh Aceh di Kabupaten Simeulue tahun ini.

Lihat juga: Program Bapak Asuh dalam Penanganan Stunting di Kota Sabang

“Saya yakin ketika nanti kita berangkat ke Simeulue mengikuti MTQ tingkat kab/kota se-Aceh, Insyaallah akan mendapatkan prestasi yang lebih baik. Kalau sebelumnya kita hanya menempati urutan ke 22 dari 23 kab/kota, tahun ini mudah-mudahan bisa masuk 10 besar,” kata Reza di Aula Lantai IV Kantor Wali Kota Sabang, Sabtu (11/3).

Menurutnya, tidak hanya sekedar seleksi, kegiatan ini juga jadi momentum yang sangat baik bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, serta bentuk pengamalan terhadap nilai-nilai kandungan Al Quran.

Lihat juga: PNS yang Jomblo Bakal Pindah Ke IKN Lebih Duluan

Dalam kesempatan itu, Reza turut berterimakasih kepada para guru yang telah menerapkan pola asah asuh asih. Sehingga baik jenjang seleksi maupun pembinaan nantinya dapat dilakukan dengan baik dan mampu mengembangkan kemampuan, serta memupuk silaturahmi juga kekompakan sesama peserta.

“Terima kasih atas pembinaan yang sudah dilakukan selama ini, semoga bisa meraih prestasi yang terbaik, walaupun bukan itu yang dikejar, tapi prestasi akan membangkitkan motivasi dan semangat, serta memberikan penghargaan kepada kita semua masyarakat Sabang, bahwa Sabang ini punya sumber daya manusia yang mumpuni,” ujarnya.

Lihat juga: Kekerasan Meningkat, Lindungi Perempuan di Era Digital

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Syariat Islam Rinaldi Syahputra menjelaskan, peserta seleksi MTQ tingkat Kota Sabang tahun 2023 ini terdiri dari para pemenang seleksi MTQ tingkat kemukiman yang telah dilaksanakan tanggal 4-26 Februari 2023, di tujuh kemukiman ditambah peserta dari pesantren-pesantren diluar Sabang.

“Peserta seleksi ini berjumlah 101 orang, yang mengikuti 7 cabang lomba, yaitu tartil qur’an putra/putri, tilawah anak-anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah dewasa putra/putri, tahfizh 1 juz dan tilawah putra/putri, tahfizh 5 juz dan tilawah putra/putri, serta tahfizh 10 juz putra/putri,” jelasnya.

Rinaldi menambahkan, kepada para pemenang juara 1,2,3 dan harapan 1, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan tropy.

Selanjutnya peserta terbaik dari seleksi tilawatil quran tingkat Kota Sabang, juga akan dibawa mengikuti MTQ ingkat Provinsi Aceh tahun 2023 di Kabupaten Simeulue.[]