INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-03 embarkasi Aceh, telah lepas landas dari bandar udara Sultan Iskandar Muda (BTJ) menuju Arab Saudi, Jumat (26/5).

Menurut Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, pesawat penumpang Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia yang mengangkut 390 jemaah tersebut didorong mundur ke taxiway jam 04.14 WIB untuk lepas landar ke bandara internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED), Madinah.

Kloter BTJ-03 terdiri dari 152 jemaah laki-laki dan 238 jemaah perempuan. Masing-masing dari Kabupaten Aceh Jaya sebanyak 40 jemaah, dari Aceh Utara 53 jemaah, Nagan Raya 101 jemaah, dan Aceh Barat 189 jemaah. Mereka juga didamping lima petugas kloter dan dua Pemandu Haji Daerah.

Sementara itu, satu jemaah dinyatakan ditunda keberangkatannya bersama kloter 3 oleh PPIH Embarkasi Aceh karena perlu konsultasi yang lebih lanjut.

“Ada satu jemaah dari Aceh Barat yang ditunda keberangkatannya untuk perawatan lebih lanjut. Kalau sudah dinyatakan layak terbang oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) akan diberangkatkan bersama jemaah kloter lain,” ucap Azhari.

Azharj juga menambahkan, ada 2 lagi kursi kosong dalam kloter ini. “Totalnya ada 3 seat yang kosong. Satu karena ditunda, dua lagi memang kosong karena jemaah sudah batal berangkat karena sakit di daerah, tidak masuk ke embarkasi,” kata dia.

390 jemaah yang dilepas keberangkatannya secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi, Kamis (25/5) kemarin, diperkirakan akan tiba di Madinah sekitar pukul 08.00 waktu setempat.[]

Fakhrur
Editor