INTIMES.co.id | MEDAN – Ramadhan Ariga atau yang lebih akrab disapa ustadz India merupakan seorang alumni Pondok Pesantren Hidayatullah yang kini telah meniti karier gemilang sebagai seorang ustadz ternama di Sumatra Utara.

Dengan perjalanan pendidikan selama lebih dari 7 tahun di Pondok Pesantren Hidayatullah, Ustadz Ramadhan Ariga tidak hanya belajar ilmu agama, tetapi juga menimba pengalaman dalam seni berceramah.

Dari belajar sendiri di kamar mandi hingga memberanikan di masjid, ia pun tidak kenal lelah untuk mengasah kemampuannya dalam berdakwah.

“Mendapatkan beasiswa dan dukungan selama belajar di Hidayatullah merupakan anugerah terbesar bagi saya,” ujar Ustadz Ramadhan sembari mengingat perjalanan pendidikannya yang penuh liku.

Bakatnya dalam berdakwah ini memang sudah terlihat sejak usia muda saat dia menjadi juara dalam lomba dakwah antar pelajar di kota Medan.

Semakin lama semakin dikenal, ustadz Ramadhan nyatanya juga memiliki keunikan dalam penyampaian ceramah. Sering kali, dia memasukkan unsur hiburan dengan menyanyikan lagu-lagu India yang mengundang tawa jamaahnya.

Dengan ciri khasnya itu lah, Ustadz Ramadhan sering mengisi ceramah dari satu tempat ke tempat lainnya di Sumatera Utara ini.

Keberhasilan yang dimiliki Ustadz Ramadhan lantas tak membuatnya lupa di mana tempat ia dilahirkan. Dirinya masih ingat betul bahwa Ponpes itu turut mengantarkannya menjadi ia yang sekarang.

“Saya ingin mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk menyekolahkan anak-anaknya ke pesantren Hidayatullah agar kelak bisa menjadi ulama yang paham agama,” tuturnya dengan semangat.

Ustadz Ramadhan menegaskan bahwa pendidikan di Hidayatullah bukanlah tentang dimanja, melainkan tentang bertanggung jawab dan mandiri.

Sebagai seorang anak buruh tani, ia pun sadar bahwa pahitnya perjalanan hidup mampu mengantarkan pada kesuksesan jika bersungguh-sungguh.

“Sebagai anak petani di kampung orang, tidak terbayang bagi saya bisa seperti sekarang, menamatkan sekolah apalagi kuliah sampai S2. Semua karena pertolongan Allah dan kesungguhan kita,” ucapnya.

Setelah menamatkan pendidikan di Hidayatullah, Ustadz Ramadhan melanjutkan studinya hingga tingkat S2 di UIN Sumatera Utara dengan bantuan beasiswa dari Dompet Dhuafa Waspada.

Kini, dengan keahliannya dalam mengajarkan Fiqh Waris dan Sirah Nabawiyah, Ustadz Ramadhan terus menggelorakan semangat dakwah kepada umat Islam di Sumatra Utara.

Ceramah-ceramahnya dapat dengan mudah ditemukan di YouTube dengan mencari nama “Ustadz Ramadhan India”.

Dengan prestasi dan kontribusinya yang gemilang, Ustadz Ramadhan Ariga menjadi teladan bagi banyak pemuda di Sumatra Utara untuk mengikuti jejaknya dalam meniti karier keilmuan dan dakwah yang cemerlang.[]

Fakhrur
Editor