INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Berbagai produk inovasi nilam yang dikembangkan ARC-PUIPT Universitas Syiah Kuala (USK) terpilih untuk tampil mengikuti Expo Internasional Hannover Messe di Jerman pada 16-21 April 2023 mendatang.

ARC USK sudah mengikuti rangkaian kegiatan ini sejak Desember 2022 yang dimulai dari sosialisasi, seleksi Co-Exhibitor, presentasi dan kurasi, dan dinyatakan lolos kurasi pada 1 Februari 2023.

Lihat juga: Safaruddin : Gairah Ekonomi Aceh Mulai Bangkit

Awalnya, ada 65 kampus di bawah Ditjen Diktiristek yang diusulkan sebagai Co-Exhibitor dan berhasil lolos sampai tahap kurasi serta beberapa dinyatakan sebagai co-exhibitor.

Untuk diketahui Hannover Messe merupakan the world’s leading trade fair untuk teknologi industri yang berfokus pada digitalisasi dan sustainability. Tradisi Hannover Messe telah berjalan selama 75 tahun. Setiap tahunnya, satu negara terpilih untuk berperan sebagai partner country, di antaranya India (2015), USA (2016), Polandia (2017), Mexico (2018), Swedia (2019), Indonesia (2021), Portugal (2022), dan Indonesia (2023).

Hannover Messe memiliki eksposur yang kuat di dunia Internasional. Setiap tahun, Hannover Messe rata-rata dihadiri 225.000 pengunjung yang merupakan level pemimpin dari perusahaan-perusahaan seluruh dunia. Pameran ini diliput oleh ribuan jurnalis dari berbagai negara.

Lihat juga: Kantor Imigrasi Takengon Layani Pembuatan Paspor Untuk Calon Jemaah Haji

Hannover Messe 2023 bertema Industrial Transformation, di mana akan ditampilkan teknologi pabrik dan sistem energi dari 2.500 perusahaan di Hannover Exhibition Center. Pameran ini juga bertujuan untuk mendemonstrasikan bagaimana fasilitas produksi yang terintegrasi dapat menghemat sumber daya dan beroperasi secara lebih efisien.

 Rektor USK Profesor Marwan, menyampaikan rasa gembiranya atas terpilihnya USK menjadi 1 dari 9 Perguruan Tinggi lainnya untuk mewakili Indonesia di Hannover Messe.

“Saya berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga produk dari Aceh khususnya nilam dan turunannya semakin dikenal di dunia Internasional,” kata Profesor Marwan, Selasa (14/3).

Marwan menilai, Hannover Messe menjadi ajang bergengsi untuk mengenalkan produk inovasi nilam Aceh pada dunia. Karena itulah, dirinya berharap expo internasional ini bisa memberi dampak yang luas bagi pasar nilam Aceh, serta mampu memberi daya ungkit pada ekonomi lokal Aceh.

“USK akan terus berkolaborasi agar nilam Aceh bisa terus dikenal dunia, melalui berbagai sentuhan inovasi berbasis Iptek dari USK sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Kepala ARC Syaifullah Muhammad, menyampaikan ada beberapa produk unggulan ARC yang akan dibawa ke Hannover Messe ini. Di antaranya, Crude Patchouli, Hi-Grade Patchouli, Parfum Neelam, Serum Antiaging Biona, Hand Sanitizer U-Hansa, Body Butter Neelam, Body Serum Neelam, Medicated Oil Aroma Terapi Alkina dan lainnya.

“Kami berharap ini menjadi langkah lanjutan ARC menjalin kemitraan internasional yang lebih luas, sehingga produk inovasi dari Aceh dapat lebih dikenal dan memperoleh market yang lebih besar,” ujar Syaifullah.

Oleh sebab itu, dirinya berharap Pemerintah Aceh dapat melakukan berbagai terobososan yang efektif dan berkelanjutan, agar produk unggulan Aceh semakin berkembang di market lokal, nasional dan internasional.[]