INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) serentak hari ini, Senin, (8/5/2023) serentak melakukan rapat Pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan DPS tingkat desa.

Pleno ini dilakukan oleh Ketua, anggota dan sekretariat PPS didesa masing-masing dengan turut mengundang pihak partai politik tingkat desa, aparatur desa dan undangan lainnya.

Ketua PPS Desa Kuta Tinggi Bahtiar mengatakan, sesuai arahan dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) bahwa jadwal pleno terbuka untuk Kecamatan Blangpidie dilakukan serentak pada hari Senin.

“Hari ini serentak setiap PPS di Kecamatan Blangpidie melakukan pleno. Kita di Desa Kuta Tinggi mengambil jadwal sore, ada yang sudah selesai seperti di Desa Mataie, Babahlueng dan beberapa desa lainnya,” kata Bahtiar, Senin, (8/5/2023).

Dia menjelaskan, Pleno ini adalah hasil rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan Daftar Pemilih Ssementara (DPS) tingkat desa yang sudah ditempel sebelumnya oleh PPS di setiap desa.

Katanya, Pleno ini adalah hasil perbaikan DPS yang sudah ditempel di tempat terbuka sebelumnya. Perbaikan yang dimaksud adalah, pasca DPS hasil Coklit Pantarlih ini ditempel ada warga yang pindah atau masuk, bahkan meninggal.

“Pasca DPS itu ditempel tentu besar kemungkinan ada perubahan data lagi, contoh ada yang meninggal dan pindah domisili, sehingga terjadi perubahan data lagi, nah data baru itulah yang di Pleno,” ucapnya.

Katanya, kedepan juga akan ada pleno lagi. Artinya, ini bukan pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena proses perbaikan akan terus terjadi hingga mendekati pemilu di tahun depan.

“Nanti ada lagi pleno hasil perbaikan. Ini bukan pleno terakhir, jadi perbaikan data akan terus dilakukan sampai nanti ditugaskan oleh PPK untuk melakukan Pleno terbuka DPT,” sebutnya.

Terakhir dia mengimbau masyarakat Desa Kuta Tinggi dan seluruh desa di Kecamatan Blangpidie untuk segera melihat data diri di DPS yang ditempel oleh PPS masing-masing desa, andai tidak terdaftar segera melapor ke PPS untuk dimasukkan ke DPS.

“Kita imbau warga untuk melihat DPS. Ini penting, karena jika tidak terdaftar bisa langsung di masukkan oleh PPS,” katanya.

Fakhrur
Editor
Afzhalul Razi
Reporter