INTIMES.co.id | MEDAN – Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an yang berada di Dusun I Desa Amplas Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang memperingati Hari Santri Nasional dengan menggelar upacara di Halaman Madrasah Pesantren, Senin (23/10/2023). Kegiatan ini dihadiri lebih dari 1.700 peserta yang berhadir di Pondok Pesantren Tahfidz Deli Serdang.

Upacara dimulai dari pukul 07.30 hingga 12.00 WIB ini juga diisi dengan pertunjukan yang menampilkan karya-karya para Santri/wati Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an, seperti hadroh, marching band, drama musikalisasi puisi, atraksi prisai diri/pencak silat, tari saman, paskibra Darul Qur’an, dan koreografi serta pelepasan balon Hari Santri Nasional.

Dalam upacara yang digelar setahun sekali ini, hadir Ketua Pembina Yayasan Wulan Iradari Nasution, Ketua Umum Yayasan Ibu Hj. Erli Hamimah Dalimunthe, SH, Ketua Dewan Pengawas Yayasan Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA yang sekaligus menjadi Pembina Upacara.

Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA menyampaikan bahwa penetapan Hari Santri Nasional tentu bukan hanya untuk mengingat sejarah saja.

“Lebih dari itu, kenangan tentang sosok tokoh-tokoh bangsa pada masa pasca kemerdekaan perlu kita ingat juga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Prof. Hasan peringatan HSN ini juga bentuk penghormatan sekaligus rasa syukur kepada pahlawan yang berjihad kala itu berhasil membawa kita ke masa tenteram sekaran, seperti KH. Hasyim Asy’ari, H.O.S Cokroaminoto, KH. Ahmad Dahlan, Maria Josephine Walanda, dan lain-lainnya patutnya kita kenang.

“Mereka telah berjuang demi masa depan, melawan penjajah yang ingin mendapatkan kembali tanah air yang saat itu sudah menyatakan merdeka”.

Sebagai penutup, upacara Hari Santri Nasional ini diisi dengan memberikan hadiah berupa piala, sertifikat dan sejumlah uang tunai kepada para pemenang yang mengikuti perlombaan ajang Hari Santri Nasional antar Pondok Pesantren Se Kabupaten Deli Serdang.

Dalam perlombaan Hari Santri Nasional antar Pondok Pesantren Se Kabupaten Deli Serdang, Pondok Pesantren Tahfidz Darul Qur’an berhasil mengharumkan nama Pondok dengan meraih banyak juara, tahfidz putra berhasil meraih juara harapan I, tahfidz putri berhasil meraih juara juara I , debat bahasa arab putra berhasil meraih juara harapan II, debat bahasa arab putri berhasil meraih juara juara III, debat bahasa inggris putra berhasil meraih juara harapan III, bahasa inggris putri harapan I, hadroh berhasil meraih juara harapan III, qiroatil kutub putra berhasil meraih juara harapan III dan putri berhasil meraih juara III.[]

Fakhrur
Editor