INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Wakil Ketua DPRA Safaruddin SSos MSP resmi menyandang gelar doktoral (S3) Studi Pembangunan pada Universitas Sumatera Utara (Sumut).

Hasil ini diputuskan oleh tim penguji dalam sidang yang digelar secara virtual pada Jumat (5/4). Safar berhasil meraih nilai A.

Sidang itu membahas dan memutuskan hasil ujian promosi doktor yang sebelumnya digelar secara virtual dari Gedung DPRA pada Selasa (26/3).

Safar menulis disertasi dengan judul ‘Politik anggaran dana otonomi khusus Provinsi Aceh dalam pengentasan kemiskinan.’

Pria yang lebih dikenal dengan nama Dhien Kallon di lingkungan USU diuji oleh tiga pembimbingnya yaitu Prof Subhilar selaku promotor, Prof Humaizi dan Dr Heri Kusmanto masing,-masing co-promotor.

Politisi muda Partai Gerindra Aceh ini bersyukur atas apa yang dicapainya tersebut, apalagi diraih dalam bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah, berkad doa orang tua, keluarga dan semua sahabat, saya sudah sampai pada titik ini sekarang,” kata Safar.

Ia mengaku tidak menyangka bisa meraih gelar akademik di usia muda. “Semoga capaian ini bisa memberi manfaat untuk daerah,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum meraih titel doktor di USU, Safaruddin merupakan alumnus FISIP dan Magister Studi Pembangunan (MSP) di kampus yang sama.

Bomber klub sepakbola USU ini menempuh pendidikan S1 dari tahun 2001 hingga 2005. Sedangkan pendidikan S2 dijalani dari tahun 2009-2011.[]