TAKENGON | INTIMES.co.id –  Guna memudahkan masyarakat mengakses informasi pasar modal dan investasi bursa saham, Pemerintah kabupaten Aceh Tengah bekerja sama dengan  Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan Galeri Investasi Digital Bursa Efek Indonesia (BEI) Kampung Paya Tumpi I, Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah di Aula Kantor Reje Paya Tumpi I, Takengon, Rabu (15/03/2023).

Pj Bupati Aceh Tengah dalam sambutan tertulisnya, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kampung Paya Tumpi I dan BEI yang telah bekerjasama menghadirkan Galeri Investasi Digital di kampung Paya Tumpi I. Ini merupakan terobosan luar biasa, bahkan bisa mengharumkan nama Aceh Tengah ke level nasional.

“Kami merasa senang sekali melihat kerjasama ini, apalagi untuk level desa, kita adalah desa kedua yang membuka Galeri Investasi Digital setelah salah satu desa di Provinsi Lampung,” ujar Pj Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II, Harun Manzola.

Pj Bupati menyebutkan, hendaknya Galeri Investasi Digital ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat Aceh Tengah terkait pentingnya investasi untuk meningkatkan tarap perekonomian masyarakat. Dan agar masyarakat memanfaatkan dengan baik kehadiran Galeri ini.

“Investasi zaman sekarang tidak mesti harus berbentuk fisik, seperti menanam kopi, tapi bisa dengan membeli saham di bursa. Kita bisa menanamkan modal tanpa harus bekerja secara fisik, biarkan asset yang bekerja. Galeri ini mempermudah masyarakat, untuk berinvestasi, ke lembaga resmi pemerintah” lanjutnya, sembari mewanti-wanti agar tidak ada kejadian masyarakat Aceh Tengah yang menjadi korban investasi bodong, seperti kejadian di luar Aceh beberapa waktu yang lalu.

Head of Sales & Branch Coordinator RHB Sekuritas, Berlian Juveny, yang secara khusus hadir ke Aceh Tengah, menyampaikan rasa optimisnya, kehadiran Galeri Investasi Digital di Aceh Tengah ini akan mempermudah masyarakat yang ingin berinvestasi. Berdasarkan pantauannya selama dalam perjalanan ke Aceh, beberapa hari terakhir, tampak perekonomian masyarakat sangat “hidup” dan bergairah. Pasar-pasar tetap ramai.

“Tidak seperti saya bayangkan sebelumnya, ternyata Aceh berbeda” katanya sambil membandingkan dengan kondisi perjalanannya di kawasan Kalimantan, beberapa bulan lalu.

Dan ini merupakan modal penting, tinggal kita mengajak masyarakat luas untuk lebih mengenal investasi digital melalui Galeri ini.

“Kalau mereka sudah sangat paham, nanti mereka akan datang kemari dengan sendirinya” ujar Berlian lebih lanjut, sambil tersenyum menyebutkan bahwa Wine Coffee Gayo sangat nikmat.

Reje Paya Tumpi I, Syafaruddin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dengan BEI, sehingga Galeri Investasi Digital ini dapat terwujud.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Pj Bupati Aceh Tengah yang diwakili oleh Asisten 2, Direktur Perdagangan dan Pengawasan Anggota Bursa PT BEI, Head of Sales & Coordinator RHB Sekuritas, Perwakilan Bursa Efek KP Aceh dan PT RHB Sekuritas KP Aceh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Inspektur, Kepala Dinas Sosial, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) TA-P3MD Aceh Tengah, Camat Kebayakan, Danramil, Kapolsek, Pendamping Desa, PLD dan masyarakat sekitar.