INTIMES.co.id | JANTHO – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 H dan Masa Orientasi Sekolah (MOS) Tahun pelajaran 2023/2024, santri baru Dayah Darul Quran Aceh menggelar bakti sosial berupa pembagian sembako dan silaturahmi dengan masyarakat, yang berlangsung di Meunasah Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (19/7/).

Keuchik Gampong Tumbo Baro, Rusydi mengucapkan terima kasih kepada pihak Dayah Darul Quran Aceh atas bantuan sembako kepada warganya yang membutuhkan. Ia berharap silaturrahmi dan keharmonisan hubungan masyarakat dengan dayah dapat selalu terjaga dan terbina.

“Kami ucapkan ribuan terima kasih, bukan dari banyaknya jumlah yang diberikan tapi besarnya rasa keikhlasan. Kami juga berharap dengan adanya agenda Bakti Sosial ini akan semakin mempererat silaturahmi dan juga membangun kesadaran sosial antar sesama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pengasuhan Dayah Darul Quran Aceh, Saifullah, dalam sambutannya mengatakan, santri dayah tersebut merupakan anak-anak dari masyarakat. Oleh karena itu ia berharap agar masyarakat menerima mareka selayaknya hubungan anak dan orang tua kandung.

Saifullah menjelaskan, acara Bakti Sosial tersebut merupakan agenda tahunan dayah di setiap awal tahun pelajaran baru untuk bersilaturahmi sembari memperkenalkan santri-santri baru kepada masyarakat setempat.

“Mereka ini adalah santri-santri baru tingkat SMP dan SMA yang baru saja memasuki asrama. Harapan kami melalui silaturahmi ini semua santri tersebut bisa dikenal oleh masyarakat sekitar dayah. Selain itu juga bisa saling menasehati karena kehidupan dayah juga tidak lepas dari lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan suksesnya kegiatan itu juga karena peran aktif dari keuchik, perangkat gampong dan juga tokoh masyarakat.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas atensi dan juga sambutan masyarakat terhadap Dayah Darul Quran Aceh yang berada dalam sebuah lingkungan yang berdampingan. Sehingga timbul rasa saling memiliki satu sama lain, melahirkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan yang akrab.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini, yang berjalan sangat baik antara masyarakat dan dayah. Semoga kedepan akan ada program lainnya yang bisa kita berdayakan bersama,” tandasnya.[]

Fakhrur
Editor