INTIMES.co.id | SABANG – Jelang bulan suci Ramadhan 1444 H, Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahelvi bersama Kapolres Sabang AKBP Erwan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional Kota Sabang.  Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memastikan stabilitas harga bahan pokok di Kota Sabang jelang Ramadan.

Menurut Reza Fahlevi, setelah melakukan Sidak dimaksud, terpantau hingga hari ini 15 Maret 2023, harga kebutuhan pokok masih stabil, hanya saja ada sedikit kenaikan harga minyak goreng curah dan telur dengan harga seribu.

Lihat juga: Polisi Bekuk Dua Pria saat Transaksi Sabu di Nagan Raya 

“Kita ingin memantau harga kebutuhan bahan pokok khususnya menjelang Ramadhan ini. Dari hasil pantauan tadi belum ada yang naik, kecuali sedikit kenaikan di harga telur. Kita akan pantau terus, biasanya seminggu menjelang bulan puasa ada kenaikkan, karena tingginya permintaan, tapi hari ini masih stabil,” ucap Reza Fahlevi, Rabu (15/3).

Terangnya lagi, kenaikan harga bahan pokok di Kota Sabang, acap kali terjadi bila mana adanya permasalahan transportasi, mengingat Kota Sabang merupakan kepulauan.

“Beberapa kenaikan harga, itu sangat berpengaruh pada transportasi. Karena kita daerah kepulauan, angkutan bahan pokok sekali jalan, pulangnya kosong. Untuk mengatasi hal tersebut kita sudah ada program pemerintah Sabang dan Provinsi Aceh untuk subsidi angkutan barang bahan pokok ke Sabang,” katanya.

Lihat juga: Honorer Batal Penempatan Dijanjikan tak Perlu Tes pada 2023

Sementara untuk ketersediaan bahan pokok sendiri, secara umum hingga saat masih ini masih terkendali, terkecuali harga ikan yang bergantung pada keadaan laut.

Selain melakukan pengecekan harga bahan pokok, Pj Wali Kota Sabang bersama Kapolres juga menampung berbagai keluhan dari para pedagang, terkait bangunan pasar pasca renovasi, baik lapak maupun fasilitas yang ada.[]