INTIMES.co.id | BANDA ACEH –  Event Expo Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) Aceh 2023 yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Aceh tiba pada hari terakhir atau malam penutupan di Taman Seni dan Budaya Aceh, Banda Aceh, Rabu (8/3/2023).

Warga Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya rama-ramai datang ke event Expo UMKM Aceh 2023 ini untuk menyaksikan penutupan dan penampilan sejumlah bintang tamu yang dihadirkan pihak panitia.

Pengunjung terlihat memadati setiap stand-stand yang disediakan oleh pemerintah. Mereka juga tampak membeli beberapa jajanan kuliner dan produk-produk UMKM lainnya.

Adapun event tahunan Pemerintah Aceh melalui Diskop UKM Aceh ini telah dimulai sejak 6 hingga 8 Maret 2023. Kegiatan ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada pelaku usaha dalam mendongkrat ekonomi Aceh.

Sebanyak 47 stand pelaku usaha ikut memeriahkan kegiatan Expo UMKM Aceh tahun ini, baik stand kuliner, ekonomi kreatif, fashion, hingga produk-produk unggulan Aceh lainnya ikut dipamerkan.

Selain pameran UMKM, kegiatan ini juga dikemas dengan berbagai kegiatan seperti pameran produk UMKM unggulan Aceh, food court kuliner kreatif, pojok konsultan UMKM, lomba fashion show, dan tampilan musik dari berbagai penyanyi dan band di Aceh.

Salah satu pengunjung, Alfandi, mengatakan bahwa event Expo UMKM Aceh 2023 ini dinilai sangat berdampak positif bagi para pelaku usaha kecil untuk meningkatkan penjualan hasil usahanya.

Menurutnya, momentum event ini juga dapat mendongkrat ekonomi pelaku usaha kecil dan menengah. Selain itu, pengunjung juga dapat dapat mengenal lebih banyak UMKM yang ada di Tanah Rencong.

“Event ini sangat bagus dan tentunya positif bagi pelaku UMKM ya. Karena banyak yang membeli produk-produk hasil UMKM,” ucap Alfandi.

Lebih lanjut, Alfandi berharap, kegiatan seperti ini dapat terus digelar pada tahun-tahun berikutnya. Sebab, kata dia, event merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengenalkan Aceh pihak luar.

“Pasca pandemi kegiatan seperti ini saya harap diperbanyak oleh pemerintah. Event-event seperti ini banyak diminati pengunjung,” katanya.

Pada malam penutupan ini, panitia juga mengumumkan sejumlah perlombaan yang telah digelar dua hari sebelumnya. (ADV)