INTIMES.co.id | BOGOR – Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos., M.Si dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si, menandatangani sebuah perjanjian kerjasama atau memorandum of understanding (MOU) untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di IPB International Convention Center, Bogor, Kamis (5/5/2023).

Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin menyampaikan bahwa ekonomi masyarakat Aceh Jaya sebagian besar bersumber dari sektor pertanian.  Kabupaten Aceh Jaya juga memiliki potensi yang luar biasa dalam hal konservasi satwa liar. Dari Gajah, Buaya, penyu, hingga hiu, semuanya bisa ditemukan di wilayah ini. Konservasi satwa liar ini dibangun untuk melindungi mereka dari gangguan manusia dan hewan lainnya. Dalam upaya pelestarian satwa liar, Aceh Jaya terus berupaya meningkatkan pengawasan dan perlindungan terhadap satwa-satwa langka yang ada di wilayah ini.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga menyebutkan  bahwa sesuai dengan arahan Dari Bapak Presiden Joko Widodo bahwa pada tahun 2024, angka kemiskinan ekstrim di Indonesia harus 0%. Saat ini angka kemiskinan di Aceh termasuk di Aceh Jaya masih lumayan tinggi. Oleh karena itu, untuk mencapai kemiskinan ekstrim di tahun 2024, kita harus banyak melakukan kolaborasi dan kerjasama untuk mendorong potensi yang dimiliki. Langkah awal yang akan kami lakukan salah satunya yaitu melakukan redistribusi lahan kepada masyarakat.

Dengan adanya kolaborasi bersama dengan pihak  IPB University, Insya Allah semua potensi-potensi ini, bisa menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat untuk mengejar target 0% kemiskinan ekstrim.

“Kami berharap kerjasama ini dapat membantu kami dalam mengembangkan sektor pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Aceh Jay serta mengucapkan terimakasih  kepada  Rektor dan semua pihak di IPB University atas kesediaannya untuk bekerjasama dengan Kabupaten Aceh Jaya. Mudah-mudahan kerjasama ini menjadi langkah awal bagi kami untuk bergerak cepat dalam membangun kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si, mengatakan bahwa IPB siap untuk mendukung Aceh Jaya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu Kabupaten Aceh Jaya dalam mengembangkan sektor pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui Dalam MOU tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mengembangkan inovasi dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di A