INTIMES.co.id  | ACEH BESAR – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Aceh Besar melakukan silaturahmi politik dengan Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Aceh Besar.

Pertemuan ini berlangsung di Sekretariat DPC PKB Aceh Besar, Kawasan Lampeuneurut Aceh Besar, Selasa (4/6/2024).

Kedatangan Ketua PAN, Iskandar Ali, beserta pengurus dan anggota legislatif PAN yang sedang menjabat dan caleg PAN terpilih disambut hangat dan penuh keakraban oleh Ketua DPC PKB Aceh Besar, Syahrizal, bersama pengurus dan caleg PKB Aceh Besar terpilih.

Ketua DPD PAN Aceh Besar Iskandar Ali, di sela-sela pertemuan mengungkapkan, tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk membangun kekompakan antara PAN dan PKB, yang memiliki latar belakang sama dari organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

Iskandar Ali yang digadang akan maju dalam Pilkada Aceh Besar 2024 ini menyatakan, bahwa langkah ini adalah bagian dari upaya memperluas jejaring politik dan membangun kerjasama yang solid dengan berbagai partai politik.

“Baik partai nasional maupun partai lokal dalam persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024,” kata Iskandar Ali.

Iskandar Ali berharap, melalui silaturahmi ini PAN dan PKB tidak hanya akan memperkuat posisi politik keduanya.

“Tetapi juga akan mempersatukan visi dan misi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Aceh Besar secara bersama-sama,” kata Iskandar Ali.

Di sisi lain, Ketua DPC PKB Aceh Besar, Syahrizal, menyatakan bahwa PKB Aceh Besar masih terbuka bagi para kandidat yang berminat mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati dalam Pilkada Aceh Besar 2024 melalui jalur partai PKB.

Syahrizal menegaskan bahwa DPC PKB Aceh Besar siap memfasilitasi para calon yang ingin maju melalui PKB Aceh Besar, namun keputusan akhir terkait rekomendasi calon akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB.

Hingga saat ini, katanya, DPP PKB belum mengeluarkan rekomendasi resmi mengenai calon yang akan didukung oleh PKB Aceh Besar dalam Pilkada Aceh Besar 2024.

Syahrizal menegaskan bahwa siapa pun yang berminat untuk mendaftar sebagai calon bupati melalui DPC PKB Aceh Besar masih diberikan kesempatan.

“Proses pendaftaran dapat dilakukan langsung di DPC PKB Aceh Besar atau melalui sistem pendaftaran online,” kata Syahrizal.

“Terkait dengan rekomendasi calon bupati, keputusan akhir ada di DPP PKB setelah melalui serangkaian tahapan uji kelayakan dan kepatutan dan dilanjutkan dengan tahap survey. Jika calon memenuhi syarat, DPP PKB akan merekomendasikan calon tersebut untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar,” katanya.